Bangkitkan UMKM, JaFest 2021 Hadirkan Workshop Desa Digital untuk Tingkatkan Kompetensi dan Kesejahteraan Masyarakat

Bangkitkan UMKM, JaFest 2021 Hadirkan Workshop Desa Digital untuk Tingkatkan Kompetensi dan Kesejahteraan Masyarakat

Foto
JaFest 2021 (Foto Berbagai Sumber)

Jabar Culture and Tourism Festival (JaFest) 2021 resmi digelar untuk bangkitkan UMKM di Bandung, Jawa Barat.

Acara JaFest 2021 juga menghadirkan Workshop Desa Digital untuk meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan masyarakat kota Jawa Barat.

JaFest 2021 mulai dibuka pada hari Senin 21, Maret 2021 di Gedung Sate, Bandung Jawa Barat.

Acara ini merupakan kolaborasi dari empat kampus besar di Jawa Barat yaitu IKA UNPAD, IA ITB, IA ITB dan HA IPB.

BACA JUGA: Ikatan Alumni UNPAD, ITB UI dan IPB Rilis Jabar Culture and Tourism Festival 2021, Hadirkan Digital Expo Kreatif untuk UMKM dan Start-Up

Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjadjaran (IKA Unpad) memanfaatkan momen Jabar Culture & Tourism Festival (JaFest) 2021 untuk memfasilitasi workshop yang akan mencari solusi atas permasalahan pariwisata dan optimalisasi pemanfaatan teknologi digital di masa pandemi.

Dalam acara tersebut pula bakal menampilkan ratusan permainan anak khas Jawa Barat, selain itu akan ada perlombaan permainan tradisional dalam Ulinpiade dan Perepet Jengkol ke TikTok yang akan memperebutkan hadiah total 15 juta rupiah

Program pengelolaan Desa Wisata dilakukan di Garut karena telah menjadi wilayah binaan IKA Unpad, perkembangan pariwisatanya yang pesat, akses dan fasilitas yang memadai.

Dalam acara ini ada sekitar 5312 Desa di Jawa Barat yang akan berkolaborasi untuk menggerakan Pariwisata dan Desa sebagai pusat wisata sehingga dikotomi antara desa dengan kota dapat dicegah.

Program digitalisasi Desa diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang “Hidup di Desa, Rejeki Kota, Bisnis Mendunia” dan desa sebagai Lokomotif Pariwisata.

Program Gubernur Pengelolaan Destinasi yang berawal dari desa dengan memanfaatkan potensi desa melalui Creative Hub yang dapat menjadi ajang promosi dan membangkitkan ekonomi desa atau industri lokal, juga pemberdayaan masyarakat. Program ini selaras dengan arahan Presiden RI untuk membangun Indonesia dari pinggiran.

JaFest 2021 ini bertujuan untuk mendorong pemulihan ekonomi melalui sektor pariwisata, promosi budaya, dan ekonomi kreatif. Para pelaku UMKM dan sektor ekonomi kreatif untuk untuk mengunggah usahanya melalui digital platform yang dimiliki IKA Unpad yaitu, MyUnpad untuk dimiroring ke digital platform milik ILUNI UI, IA ITB, dan HA IPB.

BACA JUGA: Jabar Culture and Tourism Festival 2021 Dibuka Hari Ini, Lengkap Link LIVE Streaming, Dihadiri Angela Tanoe, Bima Arya hingga Ketua Alumni UNPAD, ITB, UI dan IPB

Jabar Culture & Tourism Festival (JaFest 2021) merupakan persembahan kolaborasi antara IKA UNPAD yang diketuai oleh Irawati Hermawan, IA ITB yang diketuai oleh Ridwan Djamaluddin, ILUNI UI yang diketuai oleh Andre Rahadian, dan HA IPB yang diketuai oleh Fathan Kamil.

Acara ini digelar dalam rangka pemulihan perekonomian nasional melalui promosi maupun seminar pengembangan ekonomi kreatif dan UMKM, pariwisata, dan pelestarian budaya khususnya di Jawa Barat 2021.




JaFest 2021Jabar Culture and Tourism FestivalWorkshop Desa DigitalUlinpiadeJawa Barat

Share to: