13 Agustus 2022 Adalah Hari Kidal Internasional, Berikut Fakta, Sejarah dan Tujuan

13 Agustus 2022 Adalah Hari Kidal Internasional, Berikut Fakta, Sejarah dan Tujuan

13 Agustus 2022 Adalah Hari Kidal Internasional, Berikut Fakta, Sejarah dan Tujuan

13 Agustus 2022 Adalah Hari Kidal Internasional (Foto: Istimewa)


13 Agustus 2022 adalah Hari Kidal Internasional, yuk simak fakta, sejarah dan tujuan dibalik peringatan hari tersebut.

Pada 13 Agustus 2022, seluruh pengguna tangan kidal di dunia akan memperingati Hari Kidal Internasional atau International lefthanders Day.

Tak hanya di tahun 2022 ini saja, Hari Kidal Internasional ini diperingati setiap tanggal 13 Agustus sejak tahun 1976. Kira-kira kenapa bisa jatuh ditanggal 13 Agustus?

Baca Juga: 25 Juni 2022 adalah Hari Pelaut Sedunia, Berikut Fakta Sejarah Lengkap Tema

Buat yang penasaran, yuk simak fakta, sejarah dan tujuan dibalik peringatan Hari Kidal Internasional.

Sejarah Hari Kidal Internasional

Hari Kidal Internasional pertama kali diperingati oleh pendiri Lefthanders International, Inc. Dean R. Campbell, pada tahun 1976.

Hal ini berawal dari anggapan orang kidal dianggap bersekongkol dengan iblis sejak tahun 1600-an, yang membuat mereka terus menghadapi kesulitan dan tantangan dalam menyelesaikan tugas.

Sementara The Left-Handers Club didirikan pada tahun 1990 dengan pernyataan misi untuk menjaga anggota tetap up to date dengan perkembangan dan untuk melayani sebagai jembatan antara orang kidal dan produsen. 

Melanjutkan tradisi yang diciptakan oleh Campbell, Left-Handers Club meluncurkan International Lefthanders Day sebagai bagian dari organisasi mereka pada 13 Agustus 1992. 

Tujuan Hari Kidal Internasional

Tujuannya diperingatinya Hari Kidal Internasional adalah untuk menciptakan kesadaran akan kelebihan dan kekurangan orang yang bertangan kidal.

Fakta Hari Kidal Internasional

1. Walaupun telah dirayakan pada tanggal 13 Agustus setiap tahun oleh pengguna kidal sejak 1976, Hari Kidal Internasional dideklarasikan oleh Left-Hander's Day Club pada 13 Agustus 1997.

2. Ada beberapa cara untuk memperingati Hari Kidal Internasional ini bagi yang tidak memiliki tangan kidal, yakni menjadi seorang pengguna kidal di satu hari, membagikan kampanye Hari Kidal Internasional di media sosial.

3. Beberapa tokoh penting yang pengguna tangan kidal adalah Ibu Teresa, Barack Obama, Walt Disney, Bill Gates, Charlie Chaplin, Mark Zuckerberg, dan Albert Einstein.

Baca Juga: 14 Juni 2022 Adalah Hari Donor Darah Sedunia, Simak Fakta Sejarah dan Ulasannya

Itulah, fakta, sejarah dan tujuan dibalik peringatan Hari Kidal Internasional.




13 Agustus 202213 Agustus hari apaHari Kidal InternasionalFakta Hari Kidal InternasionalSejarah Hari Kidal InternasionalTujuan Hari Kidal InternasionalInternational lefthanders Day

Share to: