27 Agustus 2022 Adalah HUT ke-76 Jalasenastri, Berikut Fakta dan Sejarahnya

27 Agustus 2022 Adalah HUT ke-76 Jalasenastri, Berikut Fakta dan Sejarahnya

Foto

27 Agustus 2022 Adalah HUT ke-76 Jalasenastri (Foto: Istimewa)


Yuk simak fakta dan sejarah diperingatinya Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Jalasenastri pada 27 Agustus 2022.

Pada 27 Agustus 2022, organisasi Jalasenastri merayakan hari ulang tahun mereka yang ke-76. Perayaan ini selalu diperingati setiap tanggal 27 Agustus.

Jalasenastri sendiri sebuah oganisasi Istri prajurit TNI Angkatan Laut. Jalasenastri diketahui dibentuk secara tidak sengaja pada tahun 1946.

Baca Juga: 25 Juni 2022 adalah Hari Pelaut Sedunia, Berikut Fakta Sejarah Lengkap Tema

Seperti apa fakta dan sejarahnya? Yuk simak fakta dan sejarah diperingatinya HUT ke-76 Jalasenastri pada 27 Agustus 2022.

Fakta dan Sejarah Jalasenastri

Sejarah pertumbuhan Jalasenastri erat kaitannya dengan keberadaan organisasi wanita Indonesia yang secara kesatuan telah lahir pada tahun 1928 melalui Kongres Perempuan Indonesia-I.

Pada tahun 1946, para isteri anggota ALRI di beberapa tempat berusaha menghimpun kekuatan mereka, agar dapat mengemban tugasnya sebagai isteri pejuang. Perkumpulan mereka terbentuk secara spontan dan setempat oleh dorongan senasib sepenanggungan sebagai keluarga pelaut.

Singkat cerita, organisasi ini menjadi pemicu lahirnya beberapa serupa di beberapa daerah, seperti Persatuan Puteri Keluarga Angkatan Laut (PPKAL) di Lawang, di Yogyakarta, di Tegal, di Pariaman, Ikatan Keluarga Angkatan Laut (IKAL) di Jakarta, Ikatan Wanita Angkatan Laut (IWAL) di Surabaya, IKAL di Makassar dan Persatuan Isteri Angkatan Laut (PERIAL) di Tanjung Pinang. 

Setelah ada gagasan akan penyatuan organisasi-organisasi ini, terjadi kesepakatan antara IKAL Jakarta dan IWAL Surabaya, untuk mengadakan pertemuan bagi seluruh organisasi yang ada. Pertemuan diadakan pada tanggal 27-29 Agustus 1957 bertempat di Jalan Diponegoro No. 51 Jakarta yang kemudian dikenal dengan nama Konperensi Jalasenastri, karena berhasil membentuk wadah tunggal organisasi yaitu Jalasenastri. Selanjutnya organisasi wanita ALRI yang telah ada di beberapa tempat menjadi cabang Jalasenastri.

Tanggal 13 Januari 1970 Jalasenastri ditetapkan sebagai organisasi dinas ekstra struktural sejalan dengan adanya integrasi ABRI. Terjadi pula pengintegrasian istri ABRI dalam wadah Dharma Pertiwi, Dharma Pertiwi menjadi induk dari segenap organisasi istri ABRI, maka AD, ART, atribut dan pensusunan rencana kerja jalasenastri mengacu pada ketentuan yang ada pada Dharma Pertiwi.

Hingga kini, Jalasenastri masih tetap aktif menjadi wadah bagi para isteri anggota TNI AL, dengan telah merayakan hari ulang tahun mereka yang ke-76.

Baca Juga: 13 Agustus 2022 Adalah Hari Kidal Internasional, Berikut Fakta, Sejarah dan Tujuan

Nah, itulah fakta dan sejarah diperingatinya Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Jalasenastri pada 27 Agustus 2022.




JalasenastriHUT ke-76 JalasenastriSejarah JalasenastriFakta Jalasenastri27 Agustus 2022

Share to: