Fakta-fakta Spinal Muscular Atrophy Lengkap Gejala, Penyebab dan Pengobatan, Penyakit yang Viral di TikTok

Fakta-fakta Spinal Muscular Atrophy Lengkap Gejala, Penyebab dan Pengobatan, Penyakit yang Viral di TikTok

Foto

Fakta-fakta Spinal Muscular Atrophy (Foto: Berbagai sumber)


Yuk simak fakta-fakta Spinal Muscular Atrophy lengkap gejala, penyebab dan pengobatannya, penyakit yang sedang viral di TikTok.

Baru-baru ini di TikTok sedang viral penyakit Spinal Muscular Atrophy (SMA). Hal ini berawal ini seorang pengguna TikTok yang menceritakan derita yang ia rasakan karena penyakit Spinal Muscular Atrophy ini.

Nama penyakit Spinal Muscular Atrophy ini memang terdengar asing di telinga orang Indonesia. Diketahui Spinal Muscular Atrophy ini menyerang otot manusia.

Baca Juga: Fakta-fakta Flu Tomat Lengkap Gejala, Penyebaran dan Pencegahan, Penyakit Baru yang Ditemukan di India

Penasaran dengan penyakit ini? Yuk simak fakta-fakta Spinal Muscular Atrophy lengkap gejala, penyebab dan pengobatannya

Apa Itu Spinal Muscular Atrophy?

Spinal Muscular Atrophy (SMA) penyakit otot yang ditandai oleh perlemahan otot. Penyakit ini bisa muncul sejak bayi baru lahir atau saat sudah dewasa.

Penyebab Spinal Muscular Atrophy

Dokter spesialis anak sekaligus dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM), Dian Kesumapramudya Nurputra, menjelaskan bahwa penyakit SMA ini diakibatkan adanya defisiensi atau kekurangan protein SMN (Survival of Motor Neuron) atau protein yang sangat penting untuk fungsi saraf yang mengontrol otot.

Gejala Spinal Muscular Atrophy

National Health Service (NHS UK) mengatakan bahwa ada beberapa gejala umum yang dirasakan penderita penyakit SMA ini, diantaranya adalah:

- Lengan dan kaki lemah

- Masalah gerakan misalnya, kesulitan duduk, merangkak atau berjalan

- Otot berkedut atau gemetar (tremor)

-mMasalah tulang dan persendian misal tulang belakang melengkung tidak normal (skoliosis)

- Kesulitan menelan

- Kesulitan bernapas

Sementara itu, terdapat beberapa gejala spinal muscle atrophy berdasarkan tipenya, yaitu:

Tipe 1

Tipe yang satu ini tergolong SMA berat, umumnya diberi nama Werdnig-Hoffman disease. Kondisi ini muncul pada usia di bawah 6 bulan. Bayi-bayi yang mengidap tipe 1 ini umumnya tidak akan pernah bisa duduk karena jumlah protein SMN-nya tidak bisa mendukung otot untuk duduk.

Tipe 2

Tipe 2 lebih ringan dibandingkan tipe 1, biasanya menyerang anak berusia 6 sampai 18 bulan. Anak-anak yang mengalami SMA tipe 2 bisa duduk walau tidak sempurna, tetapi tidak akan pernah bisa berdiri kecuali jika diterapi.

Tipe 3

SMA tipe 3 muncul pada anak di atas usia 18 bulan dan lebih ringan dibandingkan tipe 2. Mereka yang mengidap kondisi ini umumnya masih bisa beraktivitas seperti biasa, duduk, berdiri, dan berjalan. Namun, pengidapnya akan merasa lemah dan terkadang membutuhkan alat bantu gerak.

Tipe 4

Tipe yang terakhir tergolong paling ringan dan biasanya tidak muncul di usia anak-anak, melainkan pada usia dewasa. Pengidap dapat beraktivitas seperti biasa, namun hanya merasa lemah.

Pengobatan Spinal Muscular Atrophy

Sampai saat ini masih belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit SMA. Namun, ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala SMA. Adapun perawatannya, seperti terapi fisik dan okupasi, penggunaan alat bantu jalan, dan lainnya.

Baca Juga: Apa itu Wabah Cacar Monyet? Menyebar di Afrika Kini WHO Tetapkan Status Darurat Global

Nah, itulah fakta-fakta Spinal Muscular Atrophy lengkap gejala, penyebab dan pengobatannya, penyakit yang sedang viral di TikTok.




Spinal Muscular AtrophyPenyakit Spinal Muscular AtrophyGejala Spinal Muscular AtrophyPenyebab Spinal Muscular AtrophyPengobatan Spinal Muscular AtrophyFakta Spinal Muscular Atrophy

Share to: