14 September 2022 Adalah Hari Pesta Salib Suci, Berikut Fakta dan Sejarahnya

14 September 2022 Adalah Hari Pesta Salib Suci, Berikut Fakta dan Sejarahnya

Foto

14 September 2022 Adalah Hari Pesta Salib Suci (Foto: Istimewa)


Yuk simak fakta dan sejarah dari Hari Pesta Salib Suci yang dirayakan pada 14 September 2022.

Pada 14 September 2022, seluruh umat Kristiani di dunia akan merayakan Hari Pesta Salib Suci. Hari Pesta Salib Suci ini memperingati Salib yang digunakan untuk menyalibkan Yesus.

Dalam perayaannya, ada menganggap bahwa Pesta Salib Suci ini jatuh ditanggal 12 September, 13 September dan juga 14 September.

Baca Juga: 13 September 2022 Adalah Hari Pemrogram, Berikut Fakta, Sejarah dan Tujuannya

Kenapa bisa begitu? Daripada penasaran, Yuk simak fakta dan sejarah dari Hari Pesta Salib Suci.

Sejarah Hari Pesta Salib Suci

Menurut legenda yang telah tersebar luas, Salib Sejati ditemukan pada tahun 326 oleh Santa Helena, ibu dari Kaisar Romawi Konstantinus Agung saat ia berziarah ke Yerusalem. Kemudian Gereja Makam Kudus dibangun di lokasi penemuan tersebut, atas perintah St Helena dan Kaisar Konstantinus.

Gereja tersebut dipersembahkan untuk temuan suci itu dan diresmikan 9 tahun kemudian, dengan sebuah potongan dari kayu salib tersebut ditempatkan di dalamnya.

Legenda lain menyebutkan bahwa pada tahun 614, potongan kayu salib tersebut diambil dari Gereja Makam Kudus oleh bangsa Persia, dan hilang sampai akhirnya berhasil direbut kembali oleh Kaisar Bizantium Heraklius pada tahun 628. Awalnya dibawa ke Konstantinopel, tetapi kemudian dikembalikan ke gereja tersebut pada tahun berikutnya.

Sementara itu, Tanggal Pesta Salib Suci merupakan tanggal peresmian dan pemberkatan Gereja Makam Kudus pada tahun 335. Pesta ini merupakan perayaan selama 2 hari; meskipun konsekrasi yang sesungguhnya atas Gereja Makam Kudus adalah 13 September, tetapi kayu salib tersebut baru dibawa keluar gereja pada 14 September.

Sehingga kaum klerus maupun umat dapat berdoa di hadapan Salib Sejati, dan semuanya maju ke depan untuk menghormatinya.

Fakta Hari Pesta Salib di Tanggal 12 September

Di Gereja Ortodoks Rusia, tanggal 12 Oktober merupakan peringatan "Pemindahan Sebuah Potongan Salib Pemberi Kehidupan dari Malta ke Gatchina".

Suatu potongan kayu salib tersebut, juga ikon Philermos dari Bunda Allah dan tangan kanan St. Yohanes Pembaptis disimpan di Pulau Malta oleh para Ksatria dari Ordo Katolik St. Yohanes dari Yerusalem (Ksatria Hospitaller), yang menguasai pulau tersebut.

Pada tahun 1798, ketika Prancis merebut Pulau Malta, para Ksatria Malta itu berpaling ke Kekaisaran Rusia untuk meminta perlindungan. Demi tujuan ini, mereka memilih Pavel I, Tsar Rusia, sebagai Grand Master dari ordo tersebut. Sang Tsar menerima pemilihannya.

Lalu pada 12 Oktober 1799, para ksatria itu pindah ke tempatnya yang baru, yakni en [Istana Biara], yang dibangun oleh Pavel I secara khusus untuk mereka di Gatchina (45 km sebelah selatan Sankt-Peterburg); harta karun kuno dan suci ini lalu diberikan kepada Grand Master mereka yang baru, Tsar Pavel I.

Pada musim gugur tahun 1799, benda suci tersebut dipindahkan ke St. Petersburg dan ditempatkan di Istana Musim Dingin di dalam gereja internal yang dipersembahkan bagi Ikon Juruselamat yang Tak-Terbuat-oleh-Tangan. Pesta untuk merayakan peristiwa ini dimulai sejak tahun 1800.

Fakta Hari Pesta Salib Suci 13 September 

Sementara itu, Gereja Asiria dari Timur merayakan penemuan Salib tersebut pada tanggal 13 September, dan mempertimbangkannya untuk menjadi suatu pesta besar (major feast).

Baca Juga: 15 April 2022 Adalah Hari Jumat Agung, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasan Good Friday

Nah, itulah fakta dan sejarah dari Hari Pesta Salib Suci yang dirayakan pada 14 September 2022.




Pesta Salib SuciFakta Pesta Salib SuciSejarah Pesta Salib SuciPerayaan Pesta Salib Suci12 September Pesta Salib Suci13 September Pesta Salib Suci14 September Pesta Salib Suci14 September 2022

Share to: