Usung Semangat Sumpah Pemuda, TikTok X Kemendikbudristek Ajak Masyarakat Buat Konten Edukatif #SerunyaBelajar Gaes

Usung Semangat Sumpah Pemuda, TikTok X Kemendikbudristek Ajak Masyarakat Buat Konten Edukatif #SerunyaBelajar Gaes

Foto

TikTok X Kemendikbudristek Ajak Masyarakat Buat Konten Edukatif #SerunyaBelajar (Foto: Istimewa)


TikTok berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menghadirkan kampanye #SerunyaBelajar.

Mengusung semangat sumpah pemuda, TikTok dan Kemendikbudristek mengajak masyarakat membuat konten edukasi di TikTok.

Baca Juga: Caren Delano X TikTok di Abracadabra, Padukan Filter Tic Tac Toe dengan Efek Fashion Beauty

Tentang Kampanye #SerunyaBelajar

TikTok kembali menghadirkan kampanye #SerunyaBelajar, kali ini TikTok bekerja sema dengan Kemendikbudristek.

TikTok dan Kemendikbudristek mengusung tema semangat Hari Sumpah Pemuda. Seperti yang diketahui, Hari Sumpah Pemuda sendiri diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Kampanye #SerunyaBelajar ini berlangsung mulai dari 24 Oktober 2022 hingga 7 November 2022. Kampanye ini diharapkan dapat memperkuat semangat belajar mengenai topik apa pun dan di mana pun.

Kampanye ini diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara TikTok dengan Kemendikbudristek pada 24 Oktober 2022.

Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat Jenderal, Kemendikbudristek, Anang Ristanto mengatakan melalui kampanye ini, diharapakan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda untuk menggali potensi diri.

"Generasi muda membutuhkan wadah melalui sistem pembelajaran yang dapat mendukung potensi, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis. Program Merdeka Belajar dapat mendukung semua transformasi di sektor pendidikan yang didukung dengan pemanfaatan teknologi digital. Melalui program #SerunyaBelajar yang diadakan oleh TikTok ini, kami berharap wadah tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda untuk menggali potensi diri, tidak hanya di bidang akademik saja, namun juga kemampuan literasi digital yang baik," ujar Anang Ristanto.

Melalui kampanye #SerunyaBelajar ini, TikTok dan Kemendikbudristek mengajak masyarakat untuk membuan konten edukasi di TikTok dengan hashtag #SerunyaBelajar.

Menurut riset, kategori konten edukasi di bawah tagar #SerunyaBelajar terus meningkat di TikTok dan telah memiliki lebih dari 13 miliar views. Hal ini menunjukkan adanya semangat belajar yang terus tumbuh di antara komunitas TikTok.

Faris Mufid, Public Policy & Government Relations, TikTok Indonesia mengatakan bahwa kampanye #SerunyaBelajar ini fokus untuk mengajak komunitas, khususnya generasi muda, untuk terus berkembang bersama, agar mereka bisa menjadi agen perubahan dan penggerak sektor kreatif di Indonesia.

"Di TikTok, kami melihat bahwa belajar merupakan kegiatan yang dapat dilakukan dengan cara menyenangkan, mulai dari belajar hal-hal akademik maupun non-akademik, sehingga generasi muda dapat terus menjadi agen perubahan dan penggerak sektor kreatif di Indonesia. Untuk mendukung hal tersebut, di kampanye #SerunyaBelajar kali ini, kami pun fokus untuk mengajak komunitas, khususnya generasi muda, untuk terus berkembang bersama," ucap Faris Mufid.

Hadirkan Kegiatan Seru dan Bermanfaat

kampanye ini tak hanya sebatas konten edukasi saja, TikTok dan Kemedikbudristek akan mengadirkan berbagai kegiatan seru dan bermanfaat, termasuk pelatihan bootcamp untuk mengembangkan skill.

Kampanye #SerunyaBelajar berupaya untuk membuat belajar jadi lebih menyenangkan, sekaligus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan individu, khususnya kaum muda dan komunitas TikTok.

Adapun rangkaian kegiatan seru tersebut adalah:

- Kompetisi #SerunyaBelajar. Kompetisi atau hashtag challenge bagi pengguna TikTok berusia minimal 18 tahun untuk berbagi konten edukasi, termasuk edukasi terkait food, kecantikan dan fesyen, olahraga, game dan lainnya

- Bootcamp #SerunyaBelajar. Kegiatan pelatihan intensif untuk 100 kreator terbaik pemenang kompetisi #SerunyaBelajar pada 19 November 2022. Pelatihan ini akan diisi oleh sejumlah profesional diharapkan dapat membantu para kreator memaksimalkan platform digital untuk memberikan konten edukasi  yang kreatif dan bermanfaat bagi Indonesia.

- TikTok LIVE. Sesi diskusi bersama para pakar, acara memasak, hingga diskusi terkait fesyen dan kecantikan dari kreator TikTok.

- Festival #SerunyaBelajar. Festival dengan berbagai kegiatan seru, diantaranya eksperimen sains dan DIY, sesi sharing dan diskusi bersama top kreator TikTok, hingga penampilan musik dari berbagai musisi yang akan diselenggarakan secara luring pada tanggal 19 November 2022 dan terbuka untuk umum. 

Ajak Selebriti Ikutan Kampenye #SerunyaBelajar

Untuk menyebarluaskan kampanye ini, TikTok juga mengajak beberapa selebriti untuk mengikuti kampanye #SerunyaBelajar ini.

Beberapa selebriti tersebut adalah penyanyi, aktris, penggiat edukasi serta campaign ambassador dari #SerunyaBelajar, Mikha Tambayong; platform Sekolah.mu yang didirikan oleh praktisi pendidikan Najeela Shihab; serta dengan kreator Putih Abu-Abu dalam peluncuran lagu berjudul "Serunya Belajar" sebagai jingle resmi kampanye #SerunyaBelajar.

Baca Juga: Kreasikan Tiga Item Fashion, Caren Delano Hasilkan Lebih Dari 150 Gaya di Pameran Abracadabra

Beberapa selebriti tersebut akan menyebarkan semangat Sumpah Pemuda kepada komunitas muda TikTok, diharapakan mereka akan menghidupkan semangat belajar menjadi lebih seru di TikTok. 




TikTokKemendikbudristek#SerunyaBelajarKampanye #SerunyaBelajarKonten edukasi TikTok

Share to: