Ini Peluang Digital Fashion di Era Metaverse, Digaungkan MAJA Labs di BDFW 2022

Ini Peluang Digital Fashion di Era Metaverse, Digaungkan MAJA Labs di BDFW 2022

Ini Peluang Digital Fashion di Era Metaverse, Digaungkan MAJA Labs di BDFW 2022

Peluang Digital Fashion di Era Metaverse (Foto: Istimewa)


Inilah peluang digital fashion di era Metaverse, yang sedang digaungkan MAJA Labs BDFW 2022 gaes.

Digital fashion akhir-akhir ini sedang populer di seluruh dunia. Banyak brand-brand fashion ternama yang sudah mulai menggunakan digital fashion di Metaverse.

Digital fashion di Indonesia sendiri masih belum begitu populer. Maka dari itu, Bali Digital Fashion Week 2022 (BDFW 2022) dihadirkan untuk menggaungkan digital fashion di Indonesia, ternyata ada banyak peluangnya.

Baca Juga: Digital Fashion Solusi Limbah Tekstil, Alasan MAJA Labs Hadirkan BDFW 2022 Gaes!

Kira-kira apa saja peluangnya? Inilah peluang digital fashion di era Metaverse.

Mengenal Digital Fashion

Digital fashion adalah pakaian 3D Virtual yang dirancang manusia menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) dalam bentuk avatar. 

Pembuatan produk digital fashion dirancang menggunkan software pembuat desain 3D dan teknologi AR.

Digital fashion sendiri disebut sebagai solusi dari limbah tekstil yang semakin mencemari lingkungan.

Dengan menggunakan teknologi, maka digital fashion ini tidak perlu lagi menggunakan bahan baku tekstil.

Selain itu, digital fashion juga dianggap green economy, karena menggunakan sumber daya yang lebih sedikit dan yang pastinya tidak menghasilkan limbah tekstil.

Keunggulan Digital Fashion

Adapun beberapa keunggulan digital fashion yang sangat bermanfaat, diantaranya:

1. Tidak menggunakan bahan baku tekstil.

2. Memunculkan ide kreatif desainer, dengan adanya digital fashion, desainer bisa merancang pakaian yang menurut mereka sulit dibuat produk nyatanya.

3. Lebih inklusif, karena memiliki batasan ukuran tertentu, sehingga semua orang bisa menggunakannya.

4. Digital fashion bisa memberikan dampak postif ke berbagai sektor, seperti ekonomi, sosial budaya dan pendidikan.

Peluang Digital Fashion di Metaverse

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, tak heran banyak brand-brand ternama yang kini mulai terjun ke digital fashion.

Seperti Balenciaga menjadi merek pakaian mewah pertama yang merilis koleksi digital fashion mereka melalui video game. Lalu diikuti Gucci, Louis Vuitton dan masih banyak lagi.

Masuknya brand-brand mewah tersebut, membuka peluang jenama-jenama lokal untuk bisa terjun ke digital fashion yang masih sedikit kompetitornya.

Tak hanya bagi jenama lokal, digital fashion pun bisa menjadi peluang baru bagi para desainer. Mereka bisa menggabungkan desain fashion ke teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual reality (VR).

Selain itu, peluang lainnya dari digital fashion adalah pergelaran fashion show secara digital melalui Metaverse. Seperti yang dilakukan desainer Damara Ingles asal London yang menggelar fashion show virtual bertajuk The Fabric of Reality VR  pada Juli 2020.

Dan peluang lainnya dari digital fashion di Metaverse adalah kolaborasi antara desainer dan developer game, yang bisa membuat skin untuk karakter game menggunakan fashion-fashion yang menarik dan kreatif.

Selain itu, Metaverse sendiri juga menjadi lahan pekerjaan baru bagi orang yang bergelut di bidang kreatif. Beberapa pekerjaan tersebut adalah fashion designer, AR dan VR designer, 3D Artist, dan masih banyak lagi.

Sedang Digaungkan MAJA Labs di BDFW 2022

Melihat banyaknya peluang dan keunggulan digital fashion, membuat MAJA Labs berkolaborasi dengan Indonesia Creative Cities Network (ICCN) untuk menggelar Bali Digital Fashion Week 2022 (BDFW 2022).

Tujuan digelarnya BDFW 2022 ini sendiri untuk mengurangi sampah dan limbah produk fashion yang semakin mencemari lingkungan.

Selain itu, BDFW 2022 ini juga menjadi komitmen MAJA Labs untuk menghadirkan nilai dalam ekosistem Web3. Tidak hanya untuk digital, tetapi juga dampak terhadap lingkungan dan ekonomi untuk kreator di dunia nyata.

BDFW 2022 sendiri akan digelar pada 10-16 Desember 2022 secara hybrid di Bali dan digital melalui Metaverse.

BDFW 2022 melakukan banyak kolaborasi dengan seniman-seniman lokal maupun internasional yang bergerak dibidang digital fashion, seperti Made Bayak dan Schieva.

MAJA Labs akan menggelar berbagai kegiatan di BDFW 2022 nanti, seperti AR Fashion Exhibition, VR Experience, Phygital Exhibition, NFT Exhibition, talkshow, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: BDFW 2022 Kolaborasi dengan Seniman Lokal hingga Internasional, Hadirkan AR Fashion Exhibition

Dengan begitu, Bali Digital Fashion Week 2022 akan menjadi gelaran digital fashion pertama di Indonesia, bahkan Asia.




BDFW 2022Bali Digital Fashion WeekDigital FashionMetaversePeluang digital fashion

Share to: