Kaleidoskop Peristiwa Viral di Tahun 2022, Ada Tragedi Kanjuruhan hingga Itaewon Gaes

Kaleidoskop Peristiwa Viral di Tahun 2022, Ada Tragedi Kanjuruhan hingga Itaewon Gaes

Foto

Kaleidoskop Peristiwa Viral di Tahun 2022 (Foto: Istimewa)


Yuk simak kaleidoskop peristiwa viral di tahun 2022, ada tragedi Kanjuruhan hingga tragedi Itaewon.

Tahun 2022 akan segera berakhir. Di tahun 2022 ini, banyak peristiwa-peristiwa viral yang terjadi.

Peristiwa itu terjadi di Indonesia seperti Tragedi Kanjuruhan, hingga terjadi di luar negeri, seperti Tragedi Itaewon.

Baca Juga: Daftar-daftar Tragedi Sepak Bola Dunia yang Makan Banyak Korban, Terbaru Kanjuruhan Malang

Penasaran dengan lengkapnya? Yuk simak kaleidoskop peristiwa viral di tahun 2022.

1. Langkanya Minyak goreng

Pada Feberuari 2022 lalu, minyak goreng menjadi langka di Indonesia. Hal ini disebabkan kenaikan harga minyak goreng dunia dan macetnya arus logistik.

Kenaikan harga minyak goreng ini pun menjadi masalah baru bagi warga Indonesia yang masih harus berjuang ditengah pandemi Covid-19 yang kala itu masih tinggi.

Pada Maret hingga Juni 2022, kelangkaan minyak goreng mencapai puncaknya. Beberapa supermarket pun menerapkan kebijakan satu orang hanya boleh membeli satu bungkus minyak goreng.

Kondisi semakin diperparah dengan adanya program subsidi minyak goreng dari pemerintah. Kala itu, pemerintah memberikan subsidi minyak goreng murah yang dibanderol dengan harga Rp13.000 per liter. Namun, hal ini justru semakin membuat minyak goreng semakin langka.

Karena itu, pemerintah pun mengembalikan harga minyak goreng menjadi normal kembali. Hal ini membuat kondisi minyak goreng di Indonesia mulai stabil, meski harganya meningkat dari yang sebelumnya.

2. Gempa

Pada tahun 2022, gempa banyak mengguncang Indonesia. Hal ini disebabkan lantaran ketiga lempeng tektonik yang ada di bawah laut indonesia secara aktif bergeser.

Pada awal tahun, gempa mengguncang banten yang menyebabkan 700 unit rumah di 113 desa rusak, termasuk sarana pendidikan, kesehatan, dan tempat ibadah.

Untuk bulan Februari, tidak ada data pasti terkait total jumlah gempa bumi yang terjadi di sepanjang Februari. Namun, BMKG Provinsi Jawa Barat menyebut ada setidaknya 70 kali gempa di provinsi tersebut di bulan Februari 2022. Meskipun, kekuatannya tidak terlalu kuat dan rata-rata bermagnitudo 2 hingga 3.

Di bulan Maret 2022, gempa mengguncang Nabire, Papua dengan magnitude 4,9. Pusat gempa berada luat, tepatnya 45 km barat daya Nabire di kedalaman 20 km. Sementara itu Jawa Barat dilanda 95 kali gempa di bulan tersebut.

Pada April 2022, beberapa wilayah di Indonesia dilanda gempa. Gempa terjadi di Lampung pada 11 April 2022. Gempa bermagnitudo 3,9 dan berpusat di kedalaman 55 km. Gempa bermagnitudo 4,8 juga terjadi di Sukabumi, Jawa Barat pada 26 April 2022. Gempa pukul 12 malam ini tidak berdampak apa pun.

Di akhir April, tepatnya pada 29 April, gempa juga terasa di Pangalengan, Kabupaten Bandung. Gempa tersebut berskala kecil, yakni magnitudo 2,3. Selanjutnya, gempa bermagnitudo 6,5 mengguncang Maluku pada 27 Mei 2022. Dikutip dari iNews.id, pusat gempa berada di kedalaman 104 km dan 85 km barat daya Maluku.

Beranjak ke bulan November 2022, salah satu gempa destruktif terjadi pada 21 November 2022 yang berpusat di Cianjur, Jawa Barat.

Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 ini menewaskan lebih dari 100 orang dan memaksa sekitar 5.400 masyarakat untuk mengungsi. Tidak hanya di Cianjur, gempa juga terasa hingga ke Bogor dan Jakarta.

Pada Desember 2022, gempa berkekuatan M 6,4 mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gempa ini membuat ratusan rumah rusak.

3. Gejala omicron

Meski tak separah varian Delta, masuknya Omicron ke Indonesia membawa dampak yang cukup besar bagi ekonomi masyarakat di awal tahun.

Sebab, kala itu pemerintah masih melakukan pembatasan aktivitas sehingga roda ekonomi terganggu sebelum akhirnya kembali pulih.

4. Tragedi Kanjuruhan

Tragedi di stadion kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 lalu membawa duka besar bagi dunia sepak bola Indonesia. 

Tragedi kanjuruhan bermula ketika Liga 1 menghadirkan pertandingan Derby Jawa Timur antara Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Persebaya mengalahkan Arema 3-2. Setelah laga selesai sekitar 10 suporter memasuki lapangan sehingga memancing aksi dari pihak pengamanan. Tanpa selang waktu lama, kerusuhan terjadi di tengah lapangan. Petugas yang ada di tengah lapangan melemparkan gas air mata ke tribun sehingga kondisi semakin tak kondusif.

Pada tragedi ini, 135 orang kehilangan nyawanya. Ironisnya, kebanyakan dari mereka adalah remaja berusia 10-19 tahun. Hal ini membuat tragedi kanjuruhan dinobatkan sebagai tragedi sepakbola terbesar kedua di dunia.

Akibat Tragedi ini pula, seluruh kompetisi sepak bola dihentikan untuk sementara. Pada Desember 2022, Liga 1 kembali berjalan dengan tanpa penonton dan berpusat di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

5. Anak Ridwan Kamil Meninggal di Swiss

Pada 26 Juni 2022, anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz alias Eril hilang setelah bermain di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Proses pencarian pun dilakukan. Dua minggu berselang, Jenazah Eril ditemukan tersangkut di bendungan Engehalde, 5 kilometer dari titik hilangnya Eril.

Ridwan Kamil beserta sang istri, Atalia Praratya pun sudah merelakan kepergian putra sulung mereka untuk selama-lamanya.

6. Holywings Diboikot

Pada Juni 2022, instagram Holywings membuat sebuah promo yang mana menyebut bahwa customer dengan nama muhammad dan Maria akan diberi gratis minuman keras.

Hal inilah yang kemudian memancing ummat muslim yang menganggap minuman keras tak sejalan dengan ajaran Islam. Seperti yang diketahui, nama Muhammad adalah nama yang suci di agama Islam, selain itu Muhammad juga merupakan suri tauladan bagi ummat muslim.

Buntut kasus tersebut, izin operasi Holywings dicabut untuk selamanya. Meski demikian, tempat hiburan malam tersebut dikabarkan kembali beroperasi dengan menggunakan nama lain.

7. Tragedi Itaewon

Di luar negeri, salah satu peristiwa yang viral adalah Tragedi Itaewon, Korea Selatan pada malam hari Halloween 2022 atau pada 29 Oktober 2022.

Tragedi yang disebabkan menumpuknya banyak orang di salah satu gang di Itaewon ini menyebabkan 156 korban meninggal dunia, dan ratusan lainnya mengalami luka ringan hingga berat.

Baca Juga: Kronologi Lengkap Tragedi Itaewon, Pesta Halloween Berujung Maut

Nah, itulah kaleidoskop peristiwa viral di tahun 2022, ada tragedi Kanjuruhan hingga tragedi Itaewon.




Kaleidoskop peristiwa viral di tahun 2022Kaleidoskop viral di tahun 2022Kaleidoskop 2022Tragedi KanjuruhanTragedi Itaewon

Share to: