Sinopsis Film The Endgame KPK, Viral Ceritakan Pegawai KPK Tak Lolos TWK

Sinopsis Film The Endgame KPK, Viral Ceritakan Pegawai KPK Tak Lolos TWK

Foto

Kolase Foto dan Sinopsis Film The Endgame KPK, Viral Ceritakan Pegawai KPK Tak Lolos TWK (Foto: Instagram @kpk_endgame)


Berikut sinopsis film The Endgame KPK yang viral mencritakan tentang upaya pelemahan KPK hingga kesaksian pegawai KPK yang tak lolos TWK. 

Film The Endgame KPK ini mulai resmi ditayangkan sejak Sabtu, 5 Juni 2021. Film garapan Waatchdoc Documentary ini juga ditayangkan di puluhan hingga ratusan titik berbagai wilayah Indonesia. 

Nggak cuma itu aja, film The Endgame KPK juga diunggah melalui YouTube pada 13 Juni 2021 lalu. Hingga kini, film The Endgame KPK sudah mengumpulkan lebih dari 347 ribu viewers gaes. 

Seperti diketahui, film The Endgame KPK ini menceritakan beragam pelemahan yang diterima KPK. Film ini juga menyuarakan para pegawai KPK yang tak lolos TWK. 

BACA JUGA: Fakta-fakta Film The End Game, Kisahkan Akhir Riwayat KPK hingga Teror Koruptor

Sinopsis The End Game

Film The End Game ini menceritakan tentang KPK dari generasi ke generasi. Film ini dibuka dengan awal mula pembentukan KPK pada tahun 2003 silam sebagai bentuk komitmen Negara terhadap reformasi 1998, yakni memberantas Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

Hingga 2019 lalu, KPK berhasil menangkap 1.125 koruptor yang terdiri dari bupati, jenderal polisi, pengusaha, hingga menteri. Namun dalam perjalanannya, selalu ada pihak-pihak tertentu yang ingin melemahkan KPK. 

Berbagai cara pun mulai dilakukan. Dari mulai perubahan Undang-undang, teror hingga ancaman yang ditujukan pada pegawai KPK. Hingga yang terbaru adalah pemberhentian pegawai KPK dengan alasan tak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Sebanyak 75 pegawai dinyatakan tak lolos TWK. 24 diantaranya masih dinyatakan bisa dibina, namuan sebanyak 51 pegawai dinilai tak bisa tertolong. 

BACA JUGA: Biodata Novel Baswedan Lengkap Agama Umur dan Jabatan Terakhir, Penyidik KPK Gagal Tes ASN

Menariknya, puluhan orang yang dinontaktifkan dari KPK tersebut sedang mengatasi kasus-kasus berat korupsi. Diantaranya seperti kasus korupsi simolator SIM yang melibatkan mantan petinggi polri Djoko Susilo, kasus korupsi Bansos yang melibatkan Menteri Sosial Juliari Batubara, dan masih banyak lagi. 

Film berdurasi hampir dua jam ini juga mengungkap kesaksian 16 dari 51 pegawai KPK yang dinonaktifkan. Mereka mengungkap bahwa TWK yang mereka jalani dinilai diskriminatif dan tak masuk akal. 

Beberapa pertanyaan tersebut misalnya memilih Pancasila atau Alquran? Mau lepas hijab atau tidak? Kalau pacaran ngapain aja? Kenapa belum menikah? Dan masih banyak lagi. 

Parahnya lagi, para pegawai tersebut juga mengaku tak ada satupun pertanyaan TWK berkaitan dengan pekerjaan mereka di KPK.

BACA JUGA: Hari Teh Internasional, Adrian Zakhary Yakin Teh Indonesia Bisa Mendunia

Nah itudia gaes sinopsis film The Endgame KPK yang baru-baru ini viral menceritakan beragam hal seputar KPK hingga menyuarakan aspirasi pegawai KPK yang tak lolos TWK.




The Endgame KPKKPK Endgamesinopsis film The EndgameViral film The EndgameCeritakan Pegawai KPK Tak Lolos TWKFilm KPK The Endgame

Share to: