Talkshow Bandung dan Karyanya di Pameran Downtown Obscura, Memaknai Hal Tersembunyi di Balik Kota Bandung

Talkshow Bandung dan Karyanya di Pameran Downtown Obscura, Memaknai Hal Tersembunyi di Balik Kota Bandung

Foto

Talkshow Bandung dan Karyanya di Pameran Seni Downtown Obscura, Sabtu, 31 Desember 2022


NOAH Project menyelenggarakan pameran bertajuk Downtown Obscura yang dimulai pada tanggal 30 Desember 2022 hingga 30 Januari 2023 mendatang di Bosscha Space, Bandung. Pameran ini menghadirkan sejumlah karya seni lukis dari seniman lokal.

Baca juga: Pameran Downtown Obscura Hadirkan Talkshow “Bandung dan Karyanya”, Ada Ayah Pidi Baiq Gaes!

Selain itu, Downtown Obscura juga menggelar talkshow bertajuk “Bandung dan Karyanya” pada hari Sabtu, 31 Desember 2022.

Talkshow Bandung dan Karyanya

Downtown Obscura juga akan dimeriahkan dengan talkshow yang bertajuk "Bandung dan Karyanya". NOAH Project menghadirkan seniman, penulis, dosen, Pidi Baiq atau yang akrab disapa Ayah Pidi Baiq sebagai salah satu pembicara dalam talkshow tersebut.

Selain itu, adapula Direktur NOAH Project Anto Nugroho serta Seniman Sillyndris yang menjadi pembicara.

Memaknai Hal Tersembunyi Di Balik Kota Bandung

Dalam talkshow ini, Sillyndris sebagai salah satu seniman yang menampilkan karyanya di pameran mengaku sangat tertarik dengan tema Downtown Obscura. Ia memaknainya sebagai sesuatu yang bias dan disembunyikan dibalik kemegahan kota Bandung.

“Saya kira menarik apa yang dibawakan, tentang perkotaan maka dari obscuranya sendiri bias ya maksudnya hal-hal yang disembunyikan, hal-hal yang mungkin kabur dalam perkotaan, aku rasa aku suka,” ujar Sillyndris.

Sementara itu, Anto Nugroho selaku Direktur NOAH Project juga menjelaskan hal yang sama. Ia merasa ada sesuatu yang tertutup dibalik keromantisan kota Bandung. Hal ini yang ingin ia ungkap lewat pameran Downtown Obscura.

“Menurut aku Bandung itu adalah kota yang romantis. Bener-bener sebuah kota yang romantis, manis tapi begitu ngobrol sama orangnya ada sesuatu yang disembunyikan. Jadi sebenarnya mengangkat tema Downtown Obscura pengen tahu budaya dari masyarakat Bandung sendiri,” kata Anto Nugroho.

Pidi Baiq Ungkap Bandung Masih Seperti Dulu

Memaknai Bandung dan karya-karyanya, Pidi Baiq mengungkapkan bahwa kota Kembang ini masih sama. Hanya segelintir orang yang tertarik dengan dunia seni rupa disini.

“Bandung saya melihat tetap seperti dulu dimana seni rupa adalah hal lain dan masyarakatnya adalah hal yang berbeda dan ga ada sangkut pautnya dengan itu. Berbeda dengan Jogja, orangnya adalah seniman. Kalau disini hanya segelintir orang aja (yang tertarik dengan seni rupa),” ungkap Pidi Baiq.

Namun meski begitu, Pidi Baiq mengaku sebagai seniman ia tetap berkarya dan menulis tentang Bandung. Menurutnya, hal-hal tentang Bandung lebih melibatkan perasaannya.

Baca juga: Inilah Sejumlah Karya Terbaik dari Seniman Lokal yang Ditampilkan di Pameran Downtown Obscura

Pria yang akrab disapa Surayah atau Ayah ini juga menjelaskan bahwa banyak seniman yang dianggap “berbeda” di lingkungan publik. Hal tersebut adalah sesuatu yang wajar sebab dunia yang digeluti seniman adalah dunia kreatifitas.

“Dunia kita ini dunia kreatifitas, disamping kita ada dunia eksakta, perbedaan eksakta dan kreativitas. Eksakta itu jika jawabanmu sama dengan logis dianggap benar. Di dunia kreativitas jika jawabanmu sama maka kamu nyontek. Konsekuensi logis dari orang kreatif itu pasti berbeda,” Kata Pidi Baiq.




Pidi BaiqDowntown ObscuraPameran Seni BandungPameran Seni LukisPameran Downtown ObscuraNOAH ProjectBandung dan Karyanya

Share to: