ART Jakarta Gardens 2023 Bakal Digelar di Hutan Kota, Pamerkan Instalasi Seni Karya Seniman Lokal

ART Jakarta Gardens 2023 Bakal Digelar di Hutan Kota, Pamerkan Instalasi Seni Karya Seniman Lokal

ART Jakarta Gardens 2023 Bakal Digelar di Hutan Kota, Pamerkan Instalasi Seni Karya Seniman Lokal

ART Jakarta Gardens 2023 (Foto: Istimewa)


Pameran seni ART Jakarta Gardens 2023 bakal digelar pada 7 sampai 12 Februari 2023 di Hutan Kota By Plataran.

Di tahun 2023 ini, ART Jakarta Gardens bakal pamerkan karya seni instalasi dari seniman lokal.

Baca Juga: MAJA Labs x HAPPNOW Siap Hadirkan Kegiatan Komunitas dan Kreatif, Bangun Ekosistem Web3 di Indonesia

ART Jakarta Gardens 2023

Pada 26 Januari 2023, ART Jakarta Gardens telah menggelar Media Lunch dan Gathering di Artotel Mangkuluhur, Jakarta.

Dalam hal ini, ART Jakarta Gardens mengumumkan bahwa mereka akan kembali menggelar ART Jakarta Gardens di tahun 2023. Tahun ini Art Jakarta Gardens didukung oleh Lead Partner, Bibit. 

Diketahui sebelumnya, ART Jakarta Gardens pertama kali digelar pada April 2022 lalu. Dan ternyata gelaran tersebut disambut baik oleh masyarakat terutama pecinta seni, untuk itu ART Jakarta Gardens kemabli digelar di tahun 2023.

"Rupanya acara tersebut mendapatkan sambutan yang sangat baik dari publik dan juga rekan rekan dari komunitas seni rupa baik seniman," ucap Enin Supriyanto, Direktur Artistik ART Jakarta Garden 2023.

ART Jakarta Gardens 2023 sendiri akan digelar pada 7 sampai 12 Februari 2023 di Hutan Kota by Plataran, Jakarta. Di ART Jakarta Gardens 2023 ini, akan diikuti oleh 25 galeri seni dan 25 karya seni instalansi dari beberapa seniman kolaborator.

Bawa Format Berbeda 

Lebih lanjut, Enin Supriyanto mengatakan bahwa ART Jakarta Gardens ini menghadirkan format yang berbeda dengan pameran seni pada umumnya.

"Kami menggagas acara seni rupa yang kurang lebih kami anggap bisa memberikan semacam suasana yang berbeda menurut publik," ucap Enin.

Format tersebut adalah lokasi acara yang indoor dan outdoor. Hal ini memberikan kesempatan untuk para seniman agar bisa menampilkan karya seninya yang tidak terbatas pada kondisi ataupun tempat.

"Tahun ini kami menunjukkan bahwa konsep ini bisa mengisi kegiatan seni rupa dengan format yang berbeda. Khususnya karena memberikan porsi yang lebih kepada karya karya khususnya karya patung dan instalasi yang sepantasnya memang tampil di luar ruang di outdoor," lanjut Enin.

Hadirkan Instalasi Seni Karya di Ruang Terbuka

Di ART Jakarta Gardens 2023 ini juga akan menghadirkan karya seni instalasi dari berbagai seniman yang berkolaborasi dengan ART jakarta Gardens di ruang terbuka.

Adapun seniman yang bakal hadir di ART Jakarta Gardens 2023 adalah Adi Gunawan, Anggar Prasetyo, Ashley Bickerton, Darbotz, Entang Wiharso, dan masih banyak lagi.

Selain karya seni instalasi, berbagai tenant galeri seni juga dihadirkan di area sekitar Hutan Kota by Plataran nanti. Adapun galeri seni yang bakal hadir adalah Rachel Gallery, Gajah Gallery, CGartspace, CAN'S Gallery, Art Agenda, dan masih banyak lagi.

Penampilan Musik hingga Pertunjukan Seni

Yang berbeda dari penyelenggaraan ART Jakarta Gardens tahun lalu adalah di tahun ini akan hadir penampilan musik, workshop karya seni hingga pertunjukan seni di ART Jakarta Gardens 2023 nanti.

"Tahun lalu kita film screening dokumenteri film tentang seniman indonesia, tahun ini kita pengen memperluas jangkauan publik dengan rekan rekan kreatif dari bidang lain," ujar Enin.

Adapun musisi yang akan hadir di Art Gardens Jakarta 2023 nanti adalah Sofar Sound Jakarta. Sofar Sounds Jakarta adalah bagian dari platform yang mengimajinasikan kembali ajang live melalui pertunjukan rahasia terkurasi, untuk ditampilkan dalam latar yang hangat, dan telah terselenggara di lebih dari 350 kota di seluruh dunia.

Baca Juga: Diskusi MAJA Labs dan METARUPA, Bersinergi Menuju Mass Adoption Web3 dan NFT di Indonesia

Selain itu, beberapa seniman yang akan menampilkan workshop karya seni hingga pertunjukan seni langsung ada Kandura Studio, Monica Hapsari, Dimas E. Prasinggih, Ishvara Devati, Kurt Peterson, Aldo Ahmad, Jason Naghani dan Orcy World.




ART Jakarta Gardens 2023Pameran seniPameran seni Jakarta

Share to: