8 Tips Mengontrol Kesehatan Jantung Secara Rutin, Nomor 3 Penting Banget Gaes

8 Tips Mengontrol Kesehatan Jantung Secara Rutin, Nomor 3 Penting Banget Gaes

Foto

Cara mengontrol kesehatan jantung secara rutin (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang mengalami sakit jantung dan mau montrol kesehatannya secara rutin, ada beberapa tipsnya nih yang bisa kamu lakukan gaes. 

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang dikenal sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia gaes. Terkadang orang yang menderita sakit jantung bahkan nggak menyadari bahwa dirinya sedang sakit. 

Penyakit ini kerap datang seperti pencuri, di mana ia datang tiba-tiba kemudian menghilangkan nyawa seseorang. Oleh karena itu penyakit jantung merupakan penyakit yang harus sangat diwaspadai oleh semua orang tanpa terkecuali gaes. 

Berbicara tentang penyakit jantung, biasanya yang dimaksud adalah penyakit jantung koroner (PJK). Ini juga disebut penyakit arteri koroner (CAD) yang merupakan jenis penyakit jantung yang paling umum terjadi pada banyak orang gaes. 

BACA JUGA: 7 Fakta Amanda Manopo Tiba-tiba Pingsan di Lokasi Syuting, Ternyata Sakit Ini

Cara menjaga kesehatan jantung sendiri kamu harus melakukan beberapa cara gaes. Berikut ini Tim KUYOU.id sudah merangkum 8 tips mengontrol kesehatan jantung secara rutin gaes. Apa itu? Yuk simak ulasannya di bawah ini

1. Jangan Abaikan Jika Merasakan Sakit

Tanda-tanda serangan jantung seringkali datang secara tiba-tiba. Tapi terkadang, penyakit ini berkembang secara perlahan dan bisa berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu sebelum serangan jantung terjadi.

Maka dari itu, kalau kamu merasa sangat lelah selama beberapa hari, atau kamu mengalami masalah kesehatan baru, seperti nyeri atau kesulitan bernapas, 

penting banget buat kamu untuk membicarakannya dengan orang terdekatmu atau bisa langsung pergi ke dokter guna menjaga agar kamu gak kecolongan dengan penyakit gaes. 

2. Kontrol Kolesterol dan Tekanan Darah

Kolesterol dan tekanan darah yang tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung dan bahkan bisa memicu serangan jantung lho. Jika angka kolesterol atau tekanan darah kamu tinggi, maka harus segera mengambil langkah untuk menurunkannya gaes.

Kamu nggak boleh mendiamkannya, cara yang bisa dilakukan adalah dengan pemeriksaan lebih lajut atau kamu juga bisa meminum obat bila diperlukan, tapi pastinya harus sesuai dengan anjuran dokter ya gaes.

3. Makan yang Sehat 

Makan sehat bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung lho gase. Selain itu, kamu juga bisa melakukan diet jantung sehat dengan memakan makanan yang rendah lemak jenuh dan lemak trans, tambahan gula, dan natrium (garam).

Item yang menyehatkan jantung termasuk makanan berserat tinggi, seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Selain itu, makanan berlemak tertentu juga sama menyehatkan, seperti lemak dalam minyak zaitun dan ikan. Bahkan sangat bagus juga untuk Kesehatan tubuh lho gaes. 

4. Hidup dengan Aktif 

Menjadi aktif bisa membantu mencegah penyakit jantung gase. Orang dewasa membutuhkan setidaknya 2 jam 30 menit aktivitas aerobik sedang setiap minggunya.

 

BACA JUGA: Tips dan Trik Menghemat uang tetap Awet Ala Gen Z, Simak Gaes

Kamu bisa memulainya dengan mencoba berjalan kaki selama 10 menit sehari, beberapa hari setiap minggu. Kemudian tambahkan lebih banyak aktivitas seiring waktu gaes.

5. Pertahankan Berat Badan yang Sehat 

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas sangat berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes gaes. Kalau kamu kelebihan berat badan atau obesitas, menurunkan 10 pon saja bisa menurunkan risiko penyakit jantung gaes. 

Sehingga sangat penting buat kamu untuk menjaga berat badan ya. Kamu tidak harus ideal tapi harus memiliki badan yang sehat gaes. 

6. Hindari Rokok 

Berhenti merokok dan jauhi perokok pasif. Selain merokok, kamu bisa juga menjadi perokok pasif lho, kalau sering berada disekitar orang-orang yang merokok. 

Berhenti merokok membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Menghindari asap rokok juga penting gaes, jadi jagalah agar rumah kamu bebas dari asap rokok ya. 

7. Jangan Stress 

Mengelola stres bisa membantu mencegah masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, depresi, dan tekanan darah tinggi lho gaes. 

Bernapas dalam-dalam dan meditasi adalah cara yang baik untuk bersantai dan mengelola stress. Selain itu kamu juga bisa melakukan hal-hal yang kamu sukai untuk melupakan sejenak masalah atau pekerjan yang membuat pikiran stress. 

8. Ketahui Riwayat Kesehatan Keluarga 

Riwayat keluarga kamu juga akan memengaruhi risiko penyakit jantung lho gaes. Makanya, penting benget buat kamu untuk mengetahui Riwayat Kesehatan keluarga. Hal ini dilakukan agar kamu juga bisa lebih berjaga-jaga dan menghindari hal yang dilarang atau yang bisa membuat kamu terkena penyakit jantung gaes. 

BACA JUGA: Tutorial Membaca Info Loker biar Kamu Gak Tergocek dan Tertipu Gaes

Nah, itu dia 8 tips mengontrol kesehatan jantung yang bisa kamu lakukan secara rutin gaes. Jika kamu mau tahu informasi terbaru tentang tips lainnya bisa langsung kunjungi KUYOU.id ya! Semoga membantu~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




cara mengontrol kesehatan jantungtips mengontrol kesehatan jantungcara menjaga kesehatan jantungpenyakit jantungpenyebab sakit jantung

Share to: