Tips dan Trik Melacak Handphone yang Hilang, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Tips dan Trik Melacak Handphone yang Hilang, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Tips dan Trik Melacak Handphone yang Hilang, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Cara melacak handphone hilang, informasi tips dan trik di KUYOU.id (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang mau tahu cara melacak handphone yang hilang, ada beberapa tips dan triknya nih yang bisa kamu lakukan gaes.

Seperti yang kita tahu, handphone alias HP merupakan barang berharga yang hampir dimiliki oleh setiap orang di zaman sekarang. Banyak yang menggantungkan diri dan bahkan mungkin tak bisa hidup tanpa perangkat seluler ini gaes.

Namun, apa jadinya jika tiba-tiba handphone yang dimiliki hilang, pastinya kamu akan panik dan kebingungan mencarinya kan. Iya nggak sih gaes?

 

BACA JUGA: DAYANA Curhat soal Kelakuan Warga Indonesia yang Berlebihan Ngefans sama Dirinya, Simak Nih

Nah, buah kamu yang mengalami kejadian seperti itu bisa melakukan beberapa tips dan trik yang sudah Tim KUYOU.id tangkum untuk bisa menemukan kembali handphone yang hilang gaes. Apa itu? Yuk simak tips dan triknya berikut ini.

Gunakan Fitur Find My Device 

Dengan menggunakan fitur Find My Device ini, kamu bahkan bisa membuat pengaturan lanjutan gaes. Seperti pesan atau perintah khusus jika fitur ini diaktifkan saat HP hilang, serta memberi informasi pemilik agar yang menemukannya bisa mengontak kita dan mengembalikannya.

Langkahnya masuk menggunakan akun google kamu gaes. Biasanya akun google ini diatur sejak kamu pertama kali mengaktifkan ponsel. 

Jadi ketika ingin mengaktifkan fitur Find My Device, kamu tak perlu lagi mengatur akun google. Kecuali jika kamu memiliki lebih dari satu akun sehingga kamu harus memilih akun mana yang ingin digunakan gaes.

Menggunakan Akun Google 

Mengecek email merupakan salah satu cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan jika HP hilang gaes. Setiap smartphone pasti terhubung dengan email pemilik, dari sinilah kemungkinan pelacakan bisa dilakukan.

Untuk melakukannya, kamu harus login email yang tersambung dengan HP yang hilang dengan mengaksesnya lewat perangkat lain gaes.

Pastikan password yang kamu masukkan sudah benar, jangan sampai lupa atau salah. Setelah itu, cari menu Google Apps di bagian kanan atas. Pilih opsi Temukan Perangkat Saya.

Melalui Google Maps 

Google Maps akan merekam tempat-tempat yang kamu kunjungi gaes. Keuntungan dari fitur ini adalah bisa dengan mudah menemukan HP kamu yang hilang dengan mengetahui posisinya.

BACA JUGA: Fakta-fakta Isu PAMUNGKAS Curi Artwork untuk Cover dan Merchandise, Sudah Klarifikasi?

Caranya dengan buka aplikasi Google Maps dengan smartphone lain atau laptop. Kamu akan diberikan opsi waktu pelacakan, pilih waktu terdekat saat kamu mencarinya atau satu jam.

Pilih opsi pengguna, kamu akan diminta mengisi alamat email dan nomor ponsel yang ingin dilacak gaes.

Menggunakan ADM 

ADM merupakan aplikasi khusus yang ditujukan untuk melacak keberadaan Android device, dengan pengaktifan fitur global positioning system (GPS) di perangkat tujuan gaes.

Namun, ini hanya akan berhasil jika ponsel yang hilang dalam keadaan hidup gaes. Jadi, kalau handphone kamu hilang dalam keadan mati ADM tidak bisa membantu untuk menemukannya. 

Gunakan International Mobile Equipment Identity (IMEI) 

International Mobile Equipment Identity (IMEI) merupakan nomor identitas yang dimiliki oleh setiap handphone. Nomor ini bisa menjadi pembukti bahwa ponsel yang kamu gunakan terdaftar atau tidak di sistem pembuat HP gaes.

Secara teknis, provider telekomunikasi mampu mencari keberadaan HP yang hilang berbekal nomor IMEI. Hal ini pun bisa dilakukan meski kartu ditukar lho gaes.

Namun, proses pencarian bisa dilakukan jika posisi handphone berada di dekat tower base transceiver station (BTS) operator yang terkait gaes.

Cobalah dengan Whatsapp

Ternyata WhatsApp juga bisa digunakan untuk melacak handphone lho gaes! Tapi sayangnya, fitur ini punya batas durasi 8 jam dan membutuhkan bantuan perangkat kedua.

Meskipun bersifat preventif, cara melacak HP hilang dengan HP lain yang satu ini tetap efektif buat orang yang sedang berpergian sendiri gaes. Dengan cara Share live location untuk mengirimkan lokasi kamu secara real-time.

Dengan Nomor Telepon

Tips dan trik yang terakhir adalah dengan menggunakan nomer telepon gaes. Cara ini mengharuskan kamu menginstall beberapa aplikasi tertentu yang nantinya akan membantu kamu menemukan handphone gaes.

BACA JUGA: 8 Tips dan Trik Mengetahui Karakter Seseorang Tanpa Bertanya, Cek Disini Gaes!

Namun sayangnya, langkah ini memerlukan keahlian khusus karena agak susah untuk dicoba gaes. 

Nah, itu dia gaes beberapa tips dan trick melacak handphone yang hilang. Semoga membantu~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Melacak HandphoneCara Melacak Handphone HilangTrik Mencari Handphone HilangTips dan Trik Melacak HandphoneTips dan Trik

Share to: