Peserta Ungkap Keseruan Master Class Digital Art with Raka Jana, Banyak Ide dan Tips Kembangkan Artwork

Peserta Ungkap Keseruan Master Class Digital Art with Raka Jana, Banyak Ide dan Tips Kembangkan Artwork

Peserta Ungkap Keseruan Master Class Digital Art with Raka Jana, Banyak Ide dan Tips Kembangkan Artwork

Master Class Digital Art bersama Raka Jana di Getback Parlour Jakarta, Sabtu (29/1) (foto: Istimewa)


NOAH Project menggelar workshop bertajuk Master Class Digital Art bersama Raka Jana. Acara tersebut merupakan bagian dari pameran REVEALS yang diselenggarakan di Getback Parlour Jakarta. 

Seniman asal Bali tersebut memberikan penjelasan serta praktik langsung teknik menggambar pada peserta yang hadir.

Baca jugaHari Kedua Pameran Seni REVEALS, Rakajana X Evekoss Tampilkan Live Painting "The Beauty of Bali"

Master Class Digital Art bersama Raka Jana

Master Class Digital Art bersama Raka Jana digelar selama tiga hari yakni mulai tanggal 27 hingga 29 Januari 2023. Melalui workshop tersebut, NOAH Project dan Raka Jana ingin mengajak para seniman khususnya ilustrator muda untuk terus meningkatkan kemampuan menggambar.

Workshop ini menerima maksimal 10 peserta setiap harinya dengan biaya Rp 350 ribu per orang. Hari ini, workshop berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam dengan lima peserta.

Raka Jana Bagikan Tips untuk Ilustrator Pemula

Dalam workshop ini, Raka Jana sebagai illustrator mengajarkan bagaimana proses pengembangan ide menjadi sebuah sketsa. Kemudian ia juga menjelaskan komposisi serta ingking atau outline dalam sebuah gambar hingga cara untuk memberikan warna pada gambar sehingga lebih hidup.

Selain itu, ia juga mengungkapkan kunci penting bagi illustrator pemula adalah konsistensi dan memiliki jadwal latihan. 

“Sebagai ilostrator pemula yang perlu ditanamkan pertamakali adalah konsistensi, harus punya jadwal latihan setiap harinya, paling tidak 1 jam perhari untuk melatih tangan kita supaya terbiasa” ujar Raka Jana

Selain itu, Raka Jana juga mengungkapkan pengalamannya memberikan edukasi terkait teknik menggambar pada pekerja di HNS Studio yang ia miliki. Konsisten dalam belajar membuktikan bahwa seseorang pasti mampu untuk menghasilkan karya yang baik.

 “Saya di HNS itu sudah biasa mengajarkan teman-teman mulai dari nol, karna yang saya rekrut di HNS itu bukan orang-orang profesional, tapi benar-benar orang sekitar yang kemudian saya latih sampai akhirnya sudah bisa membuat gambar yang bagus-bagus juga” imbuhnya.

Testimoni Peserta Master Class Digital Art

Para peserta mengaku menjadi mendapatkan ide serta tips untuk terus melahirkan karya yang bagus. Salah satunya adalah Agung Jaya yang merupakan seorang karyawan swasta. Ia menilai materi yang diberikan oleh Raka Jana mudah di mengerti.

“Pasti keren ya, Ilmu-ilmu yang dikasih bisa ditangkap dengan cepat. Kita juga bisa improve dan mengembangkan ide-ide kita. Mantap,”  kata Agung Jaya

Selain itu, ada peserta yang merupakan pelajar kelas 3 SMP bernama Leonard Danendra. Ia mengungkapkan bahwa ia mendaptkan tips untuk mengembangkan karya dari Raka Jana.

“Seru dikasih improvement tips buat kedepannya berkembang abis itu berguna. Habis itu juga motivasi biar gak gampang nyerah latihan tiap hari, biar berkembang juga artworknya,” ujar Leonard Danendra

Baca juga: Rakajana Hadirkan Karya Seni "Deep Sea" di Pameran REVEALS, Terinspirasi dari Kisah Cinta Sendiri

Master Class with Raka Jana masih akan berlangsung hingga besok, Minggu 29 Januari 2023 di Getback Parlour Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi Instagram @noah_project.id atau @getbackparlour.




REVEALSNOAH ProjectRaka JanaMaster Class Digital ArtDigital Art

Share to: