Pameran Harakat Warna by Hardiman Digelar di Galeri Zen1 Bali Selama 2 Pekan Gaes!

Pameran Harakat Warna by Hardiman Digelar di Galeri Zen1 Bali Selama 2 Pekan Gaes!

Pameran Harakat Warna by Hardiman Digelar di Galeri Zen1 Bali Selama 2 Pekan Gaes!

Pembukan Pameran Harakat Warna by Hardiman di Galeri Zen1, Bali.(foto: instagram/@thezakhary)


Setelah digelari di Galeri Griya Seni Popo Iskandar, Bandung pada 19 Oktober hingga 17 November 2022 lalu, kini Hardiman membawa karyanya ke Bali. Ia menggelar pameran tunggal lukisannya di Galeri Zen1 Bali, Jl. Bypass Ngurah Rai No. 86, Kesiman, Denpasar, Bali. 

Pameran yang bertajuk Harakat Warna by Hardiman ini berlangsung selama dua pekan, mulai tanggal 3 Maret hingga 17 Maret 2023. Pameran telah resmi dibuka dan dihadiri oleh sejumlah pihak seperti sekretaris Dinas Pariwisata Ekraf Bali, Founder Galeri Zen1 Nicolaus F Kuswanto, dan CEO MAJA Labs, Adrian Zakhary.

Baca juga: ISA Art Gallery Gelar Pameran Seni Taru Bingin, Founder MAJA Labs Adrian Zakhary: Ruang Apresiasi Seniman Indonesia

Pameran Harakat Warna by Hardiman

Di Bali, Hardiman memamerkan karyanya yang menggambarkan Jalak (Bali) dan Warna. Hardiman memposisikan dirinya sebagai seorang formalis yang percaya pada persoalan visual.

“Lukisan saya membicarakan sesuaty yang tak terkatakan oleh puisi saya, teater, grafis, atau seni yang lainnya. Unsur visual ditumbuhkan sebagaimana fungsi estetisnya masing-masing secara mandiri maupun saling berkaitan satu sama lain. Intinya, saya mempersoalkan unsur visual sebagai hal yang dibicarakan dalam lukisan saya,” ungkap Hardiman dalam keterangan yang diterima, Sabtu (4/3).

Menurut kurator pameran, Rizki A. Zaelani, warna dalam ekspresi lukisan-lukisan Hardiman adalah unsur persoalan penting. Dia mengibaratkan sebagai pilihan kata-kata khusus dalam uraian sebuah kalimat atau pernyataan baru dari yang pernah dilontarkan pihak lain. Tindakan itu dinilainya mengandung maksud dari struktur pengalaman yang bisa mengakar dalam.

Profil Hardiman 

Hardiman adalah seniman yang berusia 65 tahun. Ia lahir di Garut dan menempuh pendidikan seni rupa di UPI, Bandung. Setelah itu, Hardiman menyelesaikan program pendidikan Doktor tentang Kajian Budaya di Universitas Udayana, Denpasar, Bali. Kini, Hardiman diketahui menjadi dosen Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Pendidikan Ganesha, Bali. 

Tak hanya itu, Hardiman juga aktif sebagai pelukis, penulis buku dan puisi, curator independent, hingga menekuni teater dan fotografi.

Hardiman pernah mendapat penghargaan Wijaya Kusuma dari pemerintah daerah Buleleng, Bali sebagai elukis. Kemudian penghargaan Widya Pataka dari Gubernur Bali sebagai penulis buku, juga penghargaan Bali Jani Nugraha sebagai kritikus seni rupa dari Gubernur Bali pada 2022.

Apresiasi MAJA Labs untuk Pameran Harakat Warna by Hardiman

Kolektor seni muda, Adrian Zakhary yang juga menjabat sebagai CEO dari MAJA Labs turut hadir dan mendukung pameran ini. Ia berharap melalui pameran ini dapat lebih mengenalkan seni itu sendiri pada masyarakat umum khususnya generasi muda.

Baca juga: Hadir di Pameran Meta Art: Merayakan Seni Digital, Rakajana Ungkap Keistimewaan Karyanya Selipkan Unsur Budaya

“Semakin banyak pameran semakin mudah seni membaur dengan masyarakat khususnya generasi muda. Harapannya dengan adanya pameran Harakat Warna by Hadirman ini semakin banyak masyarakat yang mengapresiasi seni, mengenal seniman, bagusnya lagi mengoleksi karya seni,” ujar Adrian.

Sosok yang dikenal aktif dalam penyelenggaran pameran seni ini juga sebelumnya diketahui mendukung penyelenggaran Art Moment Jakarta dengan menghadirkan karya seni “The Flying Triangle” dari Made Wianta. Kolaborasi MAJA Labs dan Galeri Zen1 tersebut berhasil memberikan pengalaman untuk menikmati karya Made Wianta dalam bentuk VR. 




Harakat Warna HardimanPameran Harakat Warna HardimanGaleri Zen1MAJA LabsAdrian ZakharyHardimanPameran Seni

Share to: