COO MAJA Labs Prayogo PH Paparkan Pengaruh Web 3.0 pada Dunia di Seminar Merajut Nusantara

COO MAJA Labs Prayogo PH Paparkan Pengaruh Web 3.0 pada Dunia di Seminar Merajut Nusantara

COO MAJA Labs Prayogo PH Paparkan Pengaruh Web 3.0 pada Dunia di Seminar Merajut Nusantara

COO MAJA Labs Prayogo PH di Seminar Merajut Nusantara (Foto: Istimewa)


COO MAJA Labs, Prayogo PH menghadiri Seminar Merajut Nusantara yang dihadirkan Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo pada Selasa, 4 April 2023.

Dalam hal ini, Prayogo PH juga menjadi pembicara memaparkan berbagai pengaruh Web 3.0 pada dunia digital, seperti adanya Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Baca Juga: Start Up Depok Meet Up, CMO MAJA Labs Ibnu Adam: Indonesia Teratas Pengguna WEB3

Seminar Merajut Nusantara

Pada Selasa, 4 April 2023, BAKTI Kominfo menghadirkan Seminar Merajut Nusantara dengan tema "Mewujudkan Era Baru Transformasi Digital Nasional".

Seminar ini membahas tentang tantangan dan cara untuk mewujudkan era baru dalam transformasi digital yang sudah dimulai. Untuk membahas hal tersebut, dihadirkan beberapa pembicara yang ekspert dibidangnya.

Mereka adalah Drs. Samsul Widodo, MA (Staff Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemendes), Rizki Natakusumah (Anggota Komisi I DPR RI), dan Prayogo PH (COO MAJA Labs).

Seminar yang dilakukan melalui Zoom Meeting ini juga dihadiri oleh ratusan peserta yang berasal dari Pandeglang dan Lebak, Banten.

Budaya dan Masyarakat Mendukung Perkembangan Teknologi

Hadir sebagai pembicara, Prayogo  PH berbicara mengenai perkembangan teknologi. Ada satu hal yang menurutnya menarik, dimana hubungan budaya dan teknologi itu sangat timbal balik, dimana budaya dan masyarakat sangat mendukung perkembangan teknologi itu terjadi.

"Hubungan budaya dan teknologi itu seperti timbal balik atau feedback, dimana nilai budaya dan masyarakat sangat mendukung perkembangan teknologi," ucap Prayogo PH.

Selain itu, masyarakat juga memiliki peranan penting yang membuat budaya dan teknologi itu berkembang, sehingga ketika ketiga aspek itu saling memberikan pengaruh akan menimbulkan budaya baru.

"Dan masyarakat sangat penting karena kalo ada teknologi, budaya kalo ga ada yang pake itu gimana, oleh karena itu aspek masyarakat sangat penting. Karena ini seperti ada feed back ada pula ketergantungan, saling memberikan pengaruh, yang akhirnya menimbulkan budaya baru," lanjutnya.

Pengaruh Web 3.0 pada Dunia Digital

Berkecimpung di dunia Web 3.0, Prayogo PH juga memaparkan berbagai pengaruh Web 3.0 pada dunia digital, seperti adanya identify verification, NFT, supply chain management, aplikasi pembayaran yang terdesentralisasi, AR, VR dan juga voting.

"Pengaruh Web 3.0 pada dunia digital ini ada beberapa contoh, yang pertama identivy verification ada aspek ownership verification, terus ada juga NFT, ada supply chain management, ada aplikasi pembayaran yang terdesentralisasi, terus augmented reality dan virtual reality dan juga voting," ujar Prayogo PH.

Prayogo PH juga sedikit mengenalkan MAJA Labs sebagai enabler yang mencakup adaptasi evolusi internet teknologi Web 3.0, yang tengah mengembangkan berbagai project, seperti digital fashion, animasi, studio dan lain-lain yang berkoneksi dengan Web 3.0 dan blockchain.

Prayogo PH bersama MAJA Labs juga percaya bahwa teknologi sebagai sebuah medium, yang juga harus membawa dampak nyata untuk masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan MAJA Labs adalah menghadirkan Phygital Fashion, dimana fashion yang dibuat menggunakan kain-kain bekas yang terdesentralisasi lewat NFT.

"Kita percaya teknologi ini sebagai sebuah medium, tapi tetep juga harus bawa real impact, contohnya ada fashion mengenabling fashion dengan menggunakan kain bekas yang terdesentralisasi lewat NFT," kata Prayogo PH.

Baca Juga: Founder MAJA Labs, Adrian Zakhary Hadiri Art Basel Hong Kong: Banyak Inspirasi!

Hal ini senada dengan apa yang selalu diucapkan Founder MAJA Labs, Adrian Zakhary dimana digital dan teknologi ini hanya sebuah medium. Kita sebagai manusia harus berfikir dan melakukan hal-hal positif melalui medium tersebut.




Seminar Merajut NusantaraBAKTI KominfoTransformasi DigitalMAJA LabsWeb 3.0Prayogo ph

Share to: