Biodata dan Profil Tenzin Gyatso aka Dalai Lama: Umur, Agama dan Asal, Biksu Viral yang Mencium Bibir Anak Laki-Laki

Biodata dan Profil Tenzin Gyatso aka Dalai Lama: Umur, Agama dan Asal, Biksu Viral yang Mencium Bibir Anak Laki-Laki

Biodata dan Profil Tenzin Gyatso aka Dalai Lama: Umur, Agama dan Asal, Biksu Viral yang Mencium Bibir Anak Laki-Laki

Biodata dan Profil Tenzin Gyatso aka Dalai Lama (Foto: Istimewa)


Yuk simak biodata dan juga profil Tenzin Gyatso aka Dalai Lama lengkap umur, agama dan asalnya, biksu viral yang mencium bibir anak laki-laki.

Tenzin Gyatso adalah seorang biksu asal Taktser, Amdo, Tibet. Dirinya merupakan seorang Dalai Lama ke-14. Tenzin Gyatso lahir pada 6 Juli 1935. Umur Tenzin Gyatso adalah 87 tahun dan menganut agama Buddha.

Tenzin Gyatso akhir-akhir ini sedang viral, hal ini karena Dalai Lama ke-14 ini mencium bibir anak laki-laki. Tak hanya itu, dirinya juga meminta anak laki-laki tersebut untuk menjilati lidahnya.

Baca Juga: 5 Potret Megah Patung Buddha Tidur di Mojokerto, Terbesar di Indonesia Lho

Penasaran dengan sosoknya? Yuk simak biodata dan juga profil Tenzin Gyatso aka Dalai Lama lengkap umur, agama dan asalnya.

1. Profil Tenzin Gyatso aka Dalai Lama

Tenzin Gyatso adalah seorang biksu asal Taktser, Amdo, Tibet. Tenzin Gyatso lahir pada 6 Juli 1935. Umur Tenzin Gyatso adalah 87 tahun dan menganut agama Buddha.

2. Dalai Lama ke-14

Tenzin Gyatso dinyatakan sebagai tulku (reinkarnasi) Dalai Lama ke-13 pada usia tiga tahun. Hal ini menjadikannya sebagai Dalai Lama ke-14.

Dalai Lama sendiri merupakan garis tulku dari pemimpin Gelugpa yang dapat dilacak kembali sampai 1391. Pemeluk Buddha Tibet percaya bahwa Dalai Lama adalah perwujudan insani dari Avalokitesvara ("Chenrezig" [spyan ras gzigs] dalam bahasa Tibet), bodhisattva of compassion.

Dalai Lama adalah kepala Tibetan Buddhism, dan para pemimpin dari keempat aliran percaya bahwa Dalai Lama adalah lama tertinggi dalam tradisi Tibet. Ia sering dipanggil "His Holiness" (atau HH) sebelum gelarnya.

3. Karier

Pada tanggal 17 November 1950, Tenzin Gyatso naik takhta sebagai kepala negara Tibet di saat pendudukan daerah itu oleh pasukan Republik Rakyat Tiongkok.

Setelah kekalahan gerakan perlawanan Tibet pada 1959, Tenzin Gyatso mengungsi ke India dan mendirikan pemerintah Tibet di pengasingan. Ia juga pernah bertemu dengan Paus Yohanes Paulus II sebanyak 9 kali di Vatikan. ia juga pernah bertemu Bunda Teresa di India.

Tenzin Gyatso merupakan Dalai Lama pertama yang mengunjungi dunia Barat. Pada 1989, ia menerima Penghargaan Perdamaian Nobel.

4. Viral Cium Anak Laki-Laki

Tenzin Gyatso akhir-akhir ini sedang viral, hal ini karena Dalai Lama ke-14 ini mencium bibir anak laki-laki. Tak hanya itu, dirinya juga meminta anak laki-laki tersebut untuk menjilati lidahnya. Usai videonya viral, Tenzin Gyatso merilis pernyataan maafnya.

"Yang Mulia ingin menyampaikan permintaan maaf ke bocah laki-laki itu dan keluarganya, dan banyak temannya di seluruh dunia, atas luka yang disebabkan ucapannya," demikian pernyataan Dalai Lama di situs resminya, Senin (10/4).

5. Biodata Tenzin Gyatso aka Dalai Lama

Nama lengkap:Lhamo Thondup
Nama panggung:Tenzin Gyatso, Dalai Lama
Kota asal:Taktser, Amdo, Tibet
Tanggal lahir:  6 Juli 1935
Umur: 87 tahun
Agama: Buddha
Profesi:Dalai Lama ke-14

Baca Juga: Kisah Kera Sakti Dalam Ajarah Buddha

Nah, itulah biodata dan juga profil Tenzin Gyatso aka Dalai Lama lengkap umur, agama dan asalnya, biksu viral yang mencium bibir anak laki-laki.




Tenzin GyatsoBiodata Tenzin GyatsoProfil Tenzin GyatsoUmur Tenzin GyatsoAgama Tenzin GyatsoAsal Tenzin GyatsoTenzin Gyatso cium bibirDalai LamaBiodata Dalai LamaProfil Dalai LamaUmur Dalai LamaDalai Lama cium bibir

Share to: