Biodata dan Profil Anas Urbaningrum: Umur, Karier dan Kasus, Politikus Resmi Bebas dari Lapas Sukamiskin

Biodata dan Profil Anas Urbaningrum: Umur, Karier dan Kasus, Politikus Resmi Bebas dari Lapas Sukamiskin

Biodata dan Profil Anas Urbaningrum: Umur, Karier dan Kasus, Politikus Resmi Bebas dari Lapas Sukamiskin

Biodata dan Profil Anas Urbaningrum (Foto: Istimewa)


Yuk simak biodata dan juga profil Anas Urbaningrum lengkap umur, karier dan kasusnya, politikus yang telah resmi bebas dari Lapas Sukamiskin.

Anas Urbaningrum adalah seorang politikus Indonesia asal Blitar, Jawa Timur. Anas Urbaningrum lahir pada 15 Juli 1969. Umur Anas Urbaningrum adalah 53 tahun dan menganut agama Islam.

Anas Urbaningrum sendiri merupakan Terpidana kasus korupsi proyek Hambalang yang telah resmi bebas dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Biodata dan Profil Cici Tegal: Umur, Agama dan Karier, Pelawak Senior Tersandung Kasus Korupsi

Penasaran dengan sosoknya? Yuk simak biodata dan juga profil Anas Urbaningrum lengkap umur, karier dan kasusnya.

1. Profil Anas Urbaningrum

Anas Urbaningrum adalah seorang politikus Indonesia asal Blitar, Jawa Timur. Anas kini berusia 53 tahun dan ia menganut agama Islam.

Anas Urbaningrum diketahui memiliki seorang istri yang bernama Athiyyah Laila dan empat orang anak yang bernama Akmal Naseery, Aqeela Nawal Fathina, Aqeel Najih Enayat dan Aisara Najma Waleefa.

2. Karier Anas Urbaningrum

Kiprah Anas di kancah politik dimulai di organisasi gerakan mahasiswa. Ia bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) hingga menjadi Ketua Umum Pengurus Besar HMI pada kongres yang diadakan di Yogyakarta pada 1997.

Dalam perannya sebagai ketua organisasi mahasiswa terbesar itulah Anas berada di tengah pusaran perubahan politik pada Reformasi 1998. Pada era itu pula ia menjadi anggota Tim Revisi Undang-Undang Politik, atau Tim Tujuh, yang menjadi salah satu tuntutan Reformasi.

Pada pemilihan umum demokratis pertama tahun 1999, Anas menjadi anggota Tim Seleksi Partai Politik, atau Tim Sebelas, yang bertugas memverifikasi kelayakan partai politik untuk ikut dalam pemilu. Selanjutnya ia menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum periode 2001-2005 yang mengawal pelaksanaan pemilu 2004.

Setelah mengundurkan diri dari KPU, Anas bergabung dengan Partai Demokrat sejak 2005 sebagai Ketua Bidang Politik dan Otonomi Daerah.

Anas kemudian terpilih menjadi anggota DPR RI pada Pemilu 2009 dari daerah pemilihan Jawa Timur VII yang meliputi Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kota Kediri, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Tulungagung dengan meraih suara terbanyak, yaitu 178.381 suara, melebihi angka Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) sebesar 177.374 suara.

Pada 1 Oktober 2009, Anas ditunjuk menjadi Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR RI. Pada 23 Juli 2010 Anas mengundurkan diri dari DPR menyusul dirinya yang terpilih sebagai ketua umum partai Demokrat.

3. Kasus 

Anas Urbaningrim adalah terpidana kasus korupsi dan pencucian uang proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang dan proyek-proyek lainnya kurun waktu 2010-2012.

Anas terbukti melanggar Pasal 12 huruf a UU Tipikor jo Pasal 64 KUHP, pasal 3 UU No. 8 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang, serta Pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 15 Tahun 2002 jo UU No. 25 Tahun 2003.

Anas Urbaningrum sendiri dijatuhi hukuman 8 tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider 3 bulan kurungan pada 2014.

4. Bebas dari Lapas Sukamiskin

Usai menjalani masa tahanan dan membayar denda yang telah ditetapkan, pada Selasa, 11 April 2023 sekitar pukul 13.30 WIB, Anas Urbaningrum telah resmi bebas dari Lapas Sukamiskin.

Ribuan simpatisan Anas pun berbondong-bondong mendatangi Lapas Sukamiskin dengan menggunakan pakaian serba putih. Selain itu, Anas juga dijemput oleh keluarga dan sahabatnya.

Dihadapan para simpatisannya, Anas meminta maaf jika ada yang berpikir bahwa ia mati membusuk di Lapas Sukamiskin.

"Saya ingin menyampaikan permohonan maaf, pertama mohon maaf kalau ada yang berpikir saya di tempat ini mati membusuk," kata Anas usai bebas di Lapas Sukamiskin, Selasa (11/4/2023).

Anas mengatakan tidak menjadi bangkai fisik dan sosial gara-gara dipenjara. Dia mengatakan dirinya tetap sehat dan waras berkat dukungan keluarga dan sahabat-sahabatnya.

"Kalau ada yang berpikir, saya di tempat ini menjadi bangkai fisik dan bangkai sosial, ini mohon maaf, itu alhamdulillah tidak terjadi," ujarnya.

Anas juga bersyukur bisa keluar dari penjara hari ini, ia mengatakan bahwa hal ini tidak terpisah dengan teman-teman seperjuangannya yang terus mendukungnya.

"Yang kedua, saya juga mohon maaf kalau ada yang berpikir bahwa dengan waktu saya agak lama di sini, terhitung hari ini berarti 9 tahun 3 bulan, waktu yang cukup lama, itu hampir 2 periode Pak Saan di DPR itu. Mohon maaf kalau ada yang berpikir dengan waktu yang lama itu kemudian bisa memisahkan saya dengan sahabat-sahabat saya seperjuangan," ujarnya.

5. Biodata Anas Urbaningrum

Nama lengkap:Anas Urbaningrum
Kota asal:Ngaglik, Srengat, Blitar, Jawa Timur
Tanggal lahir: 15 Juli 1969
Umur:53 tahun
Agama:Islam
Pasangan:Athiyyah Laila
Pendidikan: S1 Universitas Airlangga, S2 Universitas Indonesia, S3 Universitas Gadjah Mada
Profesi:Politikus

Nah, itulah biodata dan juga profil Anas Urbaningrum lengkap umur, karier dan kasusnya, politikus yang telah resmi bebas dari Lapas Sukamiskin.




Anas UrbaningrumBiodata Anas UrbaningrumProfil Anas UrbaningrumUmur Anas UrbaningrumKarier Anas UrbaningrumKasus Anas UrbaningrumAnas Urbaningrum bebasPendidikan Anas Urbaningrum

Share to: