Penyanyi Solo IU Dilaporkan Ke Polisi Terkait Tuduhan Plagiasi 6 Lagu

Penyanyi Solo IU Dilaporkan Ke Polisi Terkait Tuduhan Plagiasi 6 Lagu

Penyanyi Solo IU Dilaporkan Ke Polisi Terkait Tuduhan Plagiasi 6 Lagu

IU (foto: Instagram/@dlwlrma)


Solois Korea Selatan, IU dituding telah melakukan plagiat untuk enam lagu. Kekasih Lee Jong Suk ini dilaporkan ke Polisi Korea Selatan oleh seseorang berinisial A. Sebelumnya, IU juga pernah terlibat kontroversi yang mengatakan bahwa lagu Pink Shoes yang dirilis tahun 2013 tersebut memiliki kemiripan dengan lagu Here’s Us dari musisi Nekta.

Baca juga: Resmi Berpacaran, IU Minta Lee Jong Suk Lakukan Ini

IU Dituduh Plagiat 6 Lagu

Melansir dari, Maeil Business News mengabarkan bahwa seseorang berinisial A telah melaporkan IU ke Kantor Polisi karena melanggar Undang-Undang hak Cipta Lagu. 

"Seseorang dari masyarakat melaporkan IU ke Kantor Polisi Gangnam di Seoul pada tanggal 8 karena melanggar undang-undang hak cipta,” ungkap Polisi dilansir Naver pada Rabu, 10 Mei 2023.

IU dituduh menjiplak musik artis luar dan dalam negeri, termasuk 'Pink Shoes', 'Good Day', 'Pippi', 'Pity', 'Boo', dan 'Celebrity'.

"Ada banyak kasus di mana lagu yang dipermasalahkan sama dengan karya aslinya dalam hal melodi, ritme, dan progresi akord. Khususnya, 'Good Day' dan 'Pink Shoes' memiliki kemiripan yang cukup besar bahkan untuk masyarakat umum.” Imbuhnya.

IU Menolak Beri Tanggapan

Pelapor berinisial A tersebut juga menyebut bahwa IU saat ini tidak ingin menanggapi tuduhan plagiasi tersebut.

"Terdakwa (IU) menolak untuk menanggapi tuduhan plagiarismenya meskipun banyak kejadiannya, alih-alih melaporkan dan menghapus semua tuduhan tersebut di SNS karena pelanggaran hak cipta. Oleh karena itu, penuduh telah memutuskan untuk mengajukan laporan setelah menyaksikan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap banyaknya akun plagiarisme yang dihapus secara tidak rasional di SNS karena alasan hak cipta, dan juga sebagai masalah kegagalan otoritas hukum untuk memenuhi tugasnya secara bertanggung jawab dalam menentukan jumlah kerugian yang mereka hadapi. tuduhan pelanggaran hak cipta harus dibayar." katanya.

Baca juga: Jimin BTS Isi Soundtrack Fast and Furious 10, Kolaborasi dengan Musisi Amerika

Ini bukanlah pertama kalinya IU dituding melakukan plagiat untuk karyanya. Sebelumnya beredar kontroversi yang mengatakan bahwa lagu Pink Shoes yang dirilis tahun 2013 tersebut memiliki kemiripan dengan lagu Here’s Us dari musisi Nekta.




IUIU Dilaporkan PolisiIU Dituduh Plagiat

Share to: