Menang Dramatis, Timnas Indonesia Bawa Pulang Emas di SEA Games 2023 Kamboja

Menang Dramatis, Timnas Indonesia Bawa Pulang Emas di SEA Games 2023 Kamboja

Menang Dramatis, Timnas Indonesia Bawa Pulang Emas di SEA Games 2023 Kamboja

Timnas Indonesia Bawa Pulang Emas di SEA Games 2023 Kamboja (Foto: Instagram @pssi)


Timnas sepak bola Indonesia berhasil membawa pulang medali emas ke Tanah Air usai menjadi juara di SEA Games 2023 Kamboja cabang olahraga (cabor) sepak bola.

Hal ini dipastikan usai Rizky Ridho dkk menang secara dramatis 5-2 melawan Thailand lewat babak perpanjangan waktu.

Baca Juga: Biodata dan Profil Shafira Ika Putri Lengkap Umur, Agama, Instagram, Kapten Timnas Sepak Bola Putri Hits Bagai Model

Timnas Indonesia Juara SEA Games 2023

Pertandingan final SEA Games 2023 cabor sepak bola mempertemukan Indonesia melawan Thailand. Pertandingan ini digelar pada Selasa, 16 Mei 2023 di Phonm Penh Stadium, Kamboja.

Pertandingan berlangsung sengit sejak peluit awal dibunyikan. Timnas Indonesia berhasil unggul 2-0 di babak pertama lewat dua gol yang ciptakan oleh Ramadhan Sananta.

Di babak kedua, Thailand mencoba bangkit dan berhasil memperkecil keadaan di menit ke-65. Dan berhasil menyamakan kedudukan di detik-detik terakhir babak kedua yang memaksa pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Di perpanjangan waktu, Irfan Jauhari berhasil membawa Timnas Indonesia unggul 3-2. Namun momen itu menjadi petaka bagi kedua tim karena bentrok antar staff dan pemain, yang menyebabkan beberapa staf dan pemain Indonesia dan Thailand diganjar kartu merah.

Thailand harus kehilangan satu pemainnya lagi setelah terkena akumulasi kartu. Unggul jumlah pemain membuat pemain Timnas Indonesia nyaman melakukan serangan. Hingga akhirnya, Fajar Fathur Rachman berhasil menambah keunggulan Indonesia menjadi 4-2.

Thailand juga kembali kehilangan satu pemainnya lagi setelah terkena akumulasi kartu. Hal ini membuat Raja Sepak Bola ASEAN ini harus bermain dengan 8 pemain. Unggul dua pemain berhasil dimanfaatkan Beckham Putra yang berhasil membawa Indonesia menang 5-2 atas Thailand.

Penantian 32 Tahun

Kemenangan dan juara ini menjadi akhir dari penantian 32 tahun Timnas Indonesia untuk kembali merebut medali emas di gelaran SEA Games. 

Baca Juga: Jokowi Ungkap Mimpi Pemain Timnas Indonesia, Ingin Kuliah Hingga Jadi TNI

Diketahui bahwa terakhir kali Indonesia menjadi juara di SEA Games cabor sepak bola adalah di tahun 1991. Kala itu Timnas Indonesia yang masih diperkuat beberapa legenda seperti Rochy Putiray dan Suryaman berhasil mengalahkan Thailand di babak adu penalti dengan skor penalti 4-3.




Timnas sepak bola IndonesiaTimnas sepak bola Indonesia SEA Games 2023SEA Games 2023 KambojaTimnas Indonesia emas SEA Games 2023

Share to: