Dikta Ungkap Manfaat hingga Tips Jago Freediving yang Mengubah Hidupnya

Dikta Ungkap Manfaat hingga Tips Jago Freediving yang Mengubah Hidupnya

Dikta Ungkap Manfaat hingga Tips Jago Freediving yang Mengubah Hidupnya

Pradikta Wicaksono (foto: Instagram/@dikta)


Mantan vokalis Yovie & Nuno, Dikta mengungkapkan manfaat freediving yang ia rasakan selama ini. DIkta diketahui telah menekuni freediving sejak tahun 2020 lalu dan mengaku olahraga ini telah mengubah hidupnya.

Baca juga: 3 Jawaban Dikta Yovie And Nuno ke Pelaku Body Shaming Media Sosial

Dikta Ungkap Freediving Bikin Lebih Tenang

Menurut Dikta, freediving memberikan pengaruh yang positif di kesehariannya mulai dari pola makan hingga pola tidur yang berubah lebih baik. Ia juga merasa dapat lebih tenang dan nafasnya lebih panjang.

"Berubah sih. Waktunya aja. Freediving itu berpengaruh banget di kehidupan sehari-hari," ungkap Dikta dikutip dari Kompas.com, Jumat, 2 Juni 2023.

"Terus jadi lebih tenang karena napas jadi lebih benar dan teratur, enggak grasak-grusuk lagi. Jadi ke nyanyi juga ngaruh, napas jadi lebih panjang. Pola makan berubah, pola tidur berubah," imbuhnya

Dikta menyebut saat ini ia telah berhasil menahan nafas hingga lima menit satu detik setelah tekun berlatih sejak 2020.

Tips Jago Freediving

Dikta yang telah menjadi instruktur freediving sejak tahun 2021 lalu juga membagikan tips untuk lebij cepat jago menekuni bidang olahraga ini. Ia menyebutkan fokus menjadi kunci utama di freediving.

Baca juga: Pasca Dikta Hengkang, Ini Dia Formasi Baru Yovie & Nuno Gaes!

"Kalau buat gue pertama fokus. Fokus sama overthinking beda tipis kalau di free dive. Gue banyak nemuin murid ‘Ini kenapa sih enggak bisa equalize? Kenapa sih?’Jadi fokusnya ke situ terus, enggak nyari yang lain," kata Dikta.

"Boleh penasaran, tapi ada baiknya kita cari perspektif atau solusi lain juga," ujarnya.

Meski menjadi instruktur sudah merupakan pencapaian baik baginya, namun Dikta mengaku ingin mengikuti kompetisi freediving. Sayangnya, ia terhalang waktu latihan karena kesibukannya.




DiktaFreedivingPradikta Wicaksono

Share to: