Buntut Aksi Ciuman Sesama di Malaysia, The 1975 Batal Tampil di WTF 2023 Jakarta

Buntut Aksi Ciuman Sesama di Malaysia, The 1975 Batal Tampil di WTF 2023 Jakarta

Buntut Aksi Ciuman Sesama di Malaysia, The 1975 Batal Tampil di WTF 2023 Jakarta

The 1975 Batal Tampil di WTF 2023 Jakarta (Foto: Istimewa)


The 1975 dipastikan batal tampil di We The Fest (WTF) 2023 Jakarta pada 23 Juli 2023.

Hal ini merupakan buntut dari aksi ciuman sesama ketika band asal Inggris ini manggung di Good Vibes Festival 2023 Malaysia pada Jumat, 21 Juli 2023 waktu setempat.

Baca Juga: Move On Dari Joe Alwyn, Taylor Swift Disebut Pacaran dengan Matty Healy The 1975

Ciuman Sesama Jenis The 1975

Pada saat manggung di Malaysia, vokalis The 1975, Matty Healy mencium bassistnya yang juga seorang pria, Ross MacDonald.

Matty Healy sempat minta maaf kepada penonton yang religius dan hadir di sana. Namun, Matty lantas mengatakan ia, tidak akan menyanyikan lagu-lagu pembangkit semangat karena marah atas kondisi di Malaysia. Setelah membawakan beberapa lagu, The 1975 akhirnya berpamitan karena diminta berhenti oleh pihak otoritas Malaysia.

Healy mengungkapkan protes terhadap kebijakan Pemerintah Malaysia yang melarang keras tindakan LGBT yang bertentangan dengan pemahaman musisi Inggris tersebut.

"Saya membuat sebuah kesalahan. Ketika kami melihat acara yang sudah dijadwal, saya tak melihat ke sana. Saya tak melihat poin penting... mengundang the 1975 ke sebuah negara dan kemudian mengatakan ke kita kepada siapa kita bisa berhubungan seks," kata Healy.

"Saya minta maaf bila itu menyinggung kalian, dan kalian religius, tapi pemerintah kalian sungguh parah. Saya tak peduli lagi, bila kalian memaksa, saya akan balas. Saya sudah tak minat lagi," lanjutnya.

Sembari memegang botol anggur, Healy kemudian melanjutkan 'pidato' kepada penonton.

"Sayangnya, kalian tak mendapatkan banyak lagu yang membangkitkan semangat karena saya sangat marah. Dan itu tak adil bagi kalian, karena kalian bukan perwakilan pemerintah kalian," kata Healy.

"Kalian anak muda, dan saya yakin banyak dari kalian gay dan progresif," lanjutnya

"Saya cabut dari acara ini kemarin, dan kami berbincang. Kami bilang, 'kau tahu? Kami tak bisa membiarkan anak-anak kecewa karena kalian bukan pemerintah'," kata Healy.

"Bila kalian ingin mengundang saya ke sini untuk sebuah acara, kalian bisa tidak peduli. Saya ambil uang kalian, kalian bisa larang saya, tapi saya pernah melakukan ini sebelumnya dan ini tak terasa baik," lanjutnya.

Kemudian bassist The 1975, Ross MacDonald, menghampiri Matty Healy dan keduanya berciuman bibir di atas panggung sebagai tanda protes terhadap kebijakan Malaysia atas LGBT.

"Baiklah, kami mesti pergi. Kami baru saja dilarang tampil oleh Kuala Lumpur. Kita jumpa lagi kapan-kapan." kata Matty Healy.

Akibat tindakan Matty Healy tersebut, diberitakan Variety, pemerintah Malaysia memutuskan untuk membubarkan festival musik itu meski baru berjalan satu hari dari tiga tanggal yang sudah dijadwalkan.

Batal Tampil di WTF 2023

Akibat hal itu, The 1975 dipastikan batal tampil di We The Fest (WTF) 2023 Jakarta, yang rencananya mereka akan manggung di hari ketiga pada Minggu, 23 Juli 2023.

Kabar batalnya The 1975 tampil di WTF 2023 disampaikan melalui akun Instagram We The Fest.

"Dengan menyesal, The 1975 mengumumkan bahwa pertunjukan mereka yang akan datang di Jakarta dan Taipei tidak dapat berjalan sesuai rencana," tulis akun We The Fest.

Sementara dalam pernyataan resminya, The 1975 mengatakan, sudah sangat menantikan tampil di hadapan para penggemarnya di Jakarta dan Taipei.

Baca Juga: Harga dan Jadwal Beli Tiket Konser LE SSERAFIM di Jakarta, Dijual Mulai Rp 1,65 Juta

"Namun sayangnya, karena situasi saat ini, tidak memungkinkan untuk melanjutkan pertunjukan yang telah dijadwalkan. Terima kasih atas pengertian dan dukungan Anda," bunyi pengumuman dari The 1975.




The 1975The 1975 ciumanThe 1975 WTF 2023 JakartaThe 1975 We The Fest 2023The 1975 Jakarta

Share to: