Hadir di Workshop Road to ISES 2023, Muhammad Ibnu Adam Ungkap 30 Juta UMKM Harus Digital Tahun 2024

Hadir di Workshop Road to ISES 2023, Muhammad Ibnu Adam Ungkap 30 Juta UMKM Harus Digital Tahun 2024

Hadir di Workshop Road to ISES 2023, Muhammad Ibnu Adam Ungkap 30 Juta UMKM Harus Digital Tahun 2024

Workshop Road to ISES 2023 (foto: Istimewa)


Muhammad Ibnu Adam menjadi salah satu pembicara dalam workshop Road To Indonesia Startup Ecosystem Summit (ISES) 2023, Jumat, 11 Agustus 2023 di Solo Techno Park, Surakarta, Jawa Tengah. 

Membahas mengenai percepatan transformasi digital KUMKM, Ibny Adam mengungkap sejumlah dampak yang dirasakan Koperasi dan UMKM dengan adanya perkembangan teknologi digital. Termasuk bagaimana target dari pemerintah terkait transformasi digital di UMKM.

Baca juga: Muhammad Ibnu Adam di Road To ISES 2023: Pelaku UMKM Harus Jadi Pemain Utama di Ekonomi Digital

Target 30 Juta UMKM Digital di 2024

Muhammad Ibnu Adam yang juga merupakan seorang konsultan bisnis digital ini menjelaskan bahwa pelaku UMKM harus menjadi pemain utama dalam perkembangan ekonomi digital di tanah air.

“Pelaku UMKM harus menjadi pemain utama perkembangan ekonomi digital di Indonesia, karena UMKM sendiri merupakan sektor penting dan krusial dalam perkembangan ekonomi nasional,” ujar Adam.

Menurut data yang diungkapkan oleh Adam, UMKM di Indonesia saat ini ada sekitar 65 juta. Tahun depan, ditargetkan 30 Juta diantaranya telah bertranformasi pada digital UMKM. 

Perluasan Pasar UMKM Melalui Digital 

Dengan transformasi digital yang dilakukan, diharapkan Koperasi dan UMKM mampu segera memperluas pasar mereka dengan menjual produk dan layanan mereka secara online, sehingga dapat mencapai pelanggan di berbagai daerah dan bahkan internasional.

Selain itu, Adam juga mengungkapkan digitalisasi UMKM ini mampu memberikan efisiensi waktu dan operasional dalam pengerjaannya.

Baca juga: Adrian Zakhary Ungkap Mindset Teknologi Digital Tingkatkan Daya Saing UMKM di Road To ISES

“Teknologi digital memungkinkan otomatisasi proses bisnis seperti manajemen stok, pemesanan, pembayaran, dan faktur. Ini dapat mengurangi kerja manual yang memakan waktu dan meningkatkan efisiensi operasional,” katanya.




road to Indonesia Startup Ecosystem Summit 2023ISES 2023KemenkopUKMUMKM

Share to: