Berikut 3 Jadwal Gerhana Bulan dan Matahari Selanjutnya di Tahun 2021, Jangan Sampai Ketinggalan Gaes

Berikut 3 Jadwal Gerhana Bulan dan Matahari Selanjutnya di Tahun 2021, Jangan Sampai Ketinggalan Gaes

Berikut 3 Jadwal Gerhana Bulan dan Matahari Selanjutnya di Tahun 2021, Jangan Sampai Ketinggalan Gaes

Jadwal Gerhana Bulan Tahun 2021 (Foto: Ilustrasi Pixabay)


Berikut beberapa jadwal gerhana bulan dan matahari selanjutnya yang akan terjadi di tahun 2021 gaes!

Seperti yang kita ketahui, langit memang menyimpan sangat banyak keindahan alam yang bisa kita nikmati. Kemarin, Supermoon pink baru saja terjadi di Australia.

Bukan sekedar warna pink yang indah, kemarin adalah hari dimana bulan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi dalam orbitnya lho!

Baca Juga: Review dan Sinopsis Film Nomadland, Berhasil Borong Piala Oscars Gaes

Selama fenomena ini, bulan purnama bisa tampak 14% lebih besar dan 30% lebih terang dibandingkan saat ia berada di titik terjauh dari Bumi.

Nah, selain supermoon gerhana bulan juga akan segera terjadi di tahun 2021 lho gaes. Tercatat ada akan 3 waktu yang sayang banget untuk kamu lewatkan.

Berikut 3 jadwal gerhana bulan dan matahari selanjutnya yang akan terjadi di tahun 2021.

1. 26 Mei 2021 Akan Ada Gerhana Bulan Total

Dilansir dari BBC, gerhana bulan total akan terjadi pada 26 Mei 2021 mendatang gaes!

Nantinya, bulan akan terhalang atau tertutupi bayangan planet buni. Nah, yang bisa menyaksikan fenomena alam ini adalah yang tinggal di wilayah geografis yang mengelilingi Samudera Pasifik, yaitu Lingkar Pasifik.

Wilayah yang melihat, setidaknya, beberapa bagian gerhana antara lain Asia Selatan atau Timur, Australia, Sebagian besar Amerika Utara, Amerika Selatan, Pasifik, Atlantik, Samudra Hindia, Antartika.

Baca Juga: Anak Kecil gak Perlu Dikasih THR Banyak-Banyak, Ini Alasannya

Sayangnya, Indonesia gak bisa melihat keindahan gerhana bulan tersebut sebaik daerah lainnya gaes.

2. 10 Juni 2021 Akan Ada Gerhana Matahari Cincin

Selain gerhana bulan, gerhana matahari cincin atau GMC juga akan terjadi di tahun 2021 ini.

Gerhana ini akan terjadi pada 10 Juni 2021 mendatang. Pada waktu tersebut, posisi bulan akan jauh dari bumi dan menutupi matahari sepenuhnya.

Alhasil, penampakan cincin cahaya yang indah di sekitar bukan yang gelap akan terlihat. GMC ini akan terlihat jelas diii negara Rusia,  Samudra Arktik, Greenland bagian barat, dan Kanada. 

3. 19 November 2021 Akan Ada Gerhana Bulan Parsial

Pada 19 November 2021 mendatang, akan terjadi fenomena alam gerhana bulan parsial. Pada kasus ini, bulan akan melewati bayangan parisal bumi atau penumbra.

Alhasil, hanya sebagainya yang melewati bayangan paling gelap bumi atau umbra. Nantinya sebagian bulan akan menjadi gelap.

Baca Juga: Fakta Kasus Rapid Test Bekas Bandara Kualanamu, Hasil Selalu Positif Covid-19

Gerhana bulan parsial ini akan terlihat di negara Rusia bagian timur, Jepang, Samudra Pasifik, Amerika Utara, Meksiko, Amerika Tengah, dan sebagian Amerika Selatan bagian barat gaes.

Nah, itu dia 3 jadwal l gerhana bulan dan matahari selanjutnya yang akan terjadi di tahun 2021. Jangan sampai ketinggalan ya gaes!




Jadwal Gerhana BulanJadwal Gerhana MatahariJadwal Gerhana 2021Gerhana Bulan 2021Gerhana Matahari 2021SupermoonSupermoon PinkGerhana BulanGerhana Matahari

Share to: