BIGHIT Bantah Lagu Jungkook BTS ‘Seven’ Plagiat dari ‘Time of Mask’

BIGHIT Bantah Lagu Jungkook BTS ‘Seven’ Plagiat dari ‘Time of Mask’

BIGHIT Bantah Lagu Jungkook BTS ‘Seven’ Plagiat dari ‘Time of Mask’

Jungkook BTS


Agensi BIGHIT Music membantah tuduhan bahwa lagu yang dinyanyikan oleh Jungkook BTS ‘Seven’ merupakan plagiat dari lagu ‘Time of Mask’ dari grup Fin.K.L. Tuduhan tersebut dilayangkan oleh produser Yang Joon yang mengkomposeri grup Fin K.L.

Baca juga: Jungkook BTS Puji Akting Han So Hee, Bantu Kesuksesan Single ‘Seven’

Lagu Seven Ditiduh Plagiat 

Outlet media melaporkan bahwa pada 22 Agustus 2023 terdapat tuduhan plagiarisme atas lagu Seven yang dinyanyikan oleh Jungkook BTS ft. Lato. Single tersebut diketahui ditulis oleh Andrew Watt, Jon Bellion, Henry Walter, Theron Makiel Thomas, dan Latto. Sementara lagu Time of Mask yang dipopulerkan oleh Fin.K.L telah dirilis sejak tahun 2000.

BIGHIT Bantah Tuduhan Plagiarisme

Menanggapi isu tersebut, BIGHIT memberikan pernyataan yang membantah adanya plagiarisme di lagu Seven milik Jungkook.

"Klaim pelanggaran hak cipta terhadap lagu 'Seven' milik Jungkook tidak benar. 'Seven' diciptakan melalui kolaborasi lima komposer luar negeri. Ini adalah produk kreatif yang sama sekali tidak berhubungan dengan sebuah lagu yang dirilis 24 tahun lalu di Korea Selatan, seperti halnya klaim itu," ungkap perwakilan BIGHIT dilansir Allkpop, Selasa, 22 Agustus 2023.

Lebih lanjut, BIGHIT juga menilai bahwa klaim plagiarisme tersebut tidak sesuai standar untuk menentukan pelanggaran.

Baca juga: Jungkook BTS Segera Rilis Single “Seven” Juli 2023

"Label (BigHit) ingin menekankan bahwa klaim sepihak tersebut tidak sesuai dengan standar apa pun untuk menentukan pelanggaran hak cipta, seperti kesamaan substansial atau orisinalitas," imbuhnya.

Lagu Seven milik Jungkook BTS menjadi debut solonya yang dirilis pada 14 Juli 2023 lalu bersama rapper Amerika Serikat, Latto. 




Jungkook BTSBIGHITJungkook Bantah PlagiatFIN.K.L Time of Mask

Share to: