TikTok Shop Tutup Hari Ini, Yuk Simak Cara Refund Barang yang di Beli!

TikTok Shop Tutup Hari Ini, Yuk Simak Cara Refund Barang yang di Beli!

TikTok Shop Tutup Hari Ini, Yuk Simak Cara Refund Barang yang di Beli!

TikTok Shop


Pemerintah menetapkan  Permendag 31 Tahun 2023 pada pekan lalu. Salah satu poinnya adalah melarang media sosial berperan ganda sebagai e-commerce. Hal ini membuat manajemen TikTok mengambil langkah untuk penutupan TikTok Shop.

Sebab itu, TikTok Shop akan resmi ditutup resmi ditutup per hari ini pukul 17.00 WIB. Buat kamu yang bertransaksi di TikTok Shop, bisa melakukan pembatalan dan pengembalian dana (refund).

Tata Cara Refund Barang di TikTok Shop

Untuk melakukan pengembalian dana, kamu dapat membuka antarmuka (interface) pembelian (order) pada fitur TikTok Shop di dalam aplikasi. Pilih ikon 'Shop' di sisi bawah aplikasi, lalu klik 'Orders'.

Ketika masuk ke laman detail order, pilih 'Request refund/return, lalu klik 'refund'. Anda bisa memilih template alasan untuk meminta pengembalian dana. Lalu, klik 'Submit'. Nantinya, pembeli bisa mengecek status return/refund barang pada antarmuka order. Adapun pengembalian dana akan diproses setelah seller menyetujui permintaan refund dari pembeli.

Durasi pengembalian dana bergantung pada metode pembayaran yang dilakukan. Berikut rinciannya:

  • Transfer bank (3-5 hari kerja)
  • Uang tunai/COD (2-3 hari kerja)
  • Kredit/Debit via Worldplay (7-14 hari kerja)
  • E-wallet DANA/OVO/ShopeePay/GoPay (1-2 hari kerja)

TikTok Shop Ditutup 

Sesuai dengan Permendag 31 Tahun 2023 pada pekan lalu, Manajemen TikTok mengambil keputusan untuk menutup TikTok Shop. 

"Prioritas utama kami adalah untuk menghormati dan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia. Dengan demikian, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17.00 WIB," ujar manajemen TikTok.

Meski begitu, manajemen juga mengaku akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia terkait langkah dan rencana perusahaan ke depan.




TikTok Shop TutupTikTok ShopPedagang OnlineRefund TikTok Shop

Share to: