Viral Israel vs Hamas, Ini 5 Selebriti Dunia yang Dukung Palestina

Viral Israel vs Hamas, Ini 5 Selebriti Dunia yang Dukung Palestina

Viral Israel vs Hamas, Ini 5 Selebriti Dunia yang Dukung Palestina

5 Selebriti Dunia yang Dukung Palestina (Foto: Istimewa)


Akhir-akhir ini sedang viral dan banyak diperbincangkan konflik Israel vs Hamas, kelompok militan yang berasal dari Palestina.

Konflik ini pun membuat konflik Israel vs Palestina kembali memanas. Sebelumnya, beberapa selebriti dunia telah menyatakan dukungannya kepada Palestina. Siapa sajakah mereka?

Baca Juga: Fakta dan Profil Hannah Al Rashid, Aktris Indonesia yang Ikut Prihatin Dengan Kondisi Palestina

1. Bella Hadid

Bella Hadid yang berdarah Palestina-Belanda, Bella Hadid telah lama blak-blakan mengenai hak-hak warga Palestina. Model tersebut sering mengungkapkan dukungannya kepada Palestina di media sosialnya.

Pada tahun 2020, Bella mengecam Instagram karena menghapus salah satu postingannya, di mana ia membagikan foto paspor ayahnya, menyoroti bagian tempat lahir, yang bertuliskan Palestina.

Dia kemudian membagikan tangkapan layar pesan yang dia terima dari platform tersebut yang menyatakan bahwa dia telah melanggar pedoman komunitas, termasuk pelecehan dan penindasan.

Bella membalas dan mempertanyakan keputusan platform tersebut untuk menghapus postingannya.

"Bagian mana dari kebanggaan saya terhadap tempat kelahiran ayah saya di Palestina yang merupakan 'penindasan, pelecehan, gambar-gambar, atau ketelanjangan seksual'? Apakah kami tidak diperbolehkan menjadi orang Palestina di Instagram? Bagi saya, ini adalah penindasan."

Pada tahun 2017, model tersebut juga bergabung dalam gerakan massa pro-Palestina di luar kedutaan Amerika di London untuk menentang pengakuan Presiden AS Donald Trump atas seluruh kota Yerusalem sebagai ibu kota eksklusif Israel.

Pada Mei 2021, saat serangan Israel terhadap Palestina yang memakan korban jiwa sekitar 248 warga Palestina di Gaza, Bella Hadid kembali mengungkapkan kemarahannya terhadap tindakan Israel.

Postingan tersebut juga dibagikan oleh kakaknya, model Gigi Hadid, sedangkan adiknya, Anwar Hadid, juga membagikan pesan solidaritas dan memposting ulang video dari akunnya.

2. Selena Gomez

Selena Gomez sempat membuat postingan di Instagram yang menyerukan perdamaian dan meningkatkan kesadaran akan kampanye militer Israel tahun 2014 di Gaza, yang menyebabkan ratusan kematian warga sipil Palestina.

Dalam postingannya pada 19 Juli 2014, Gomez mengunggah foto bertuliskan: "Ini tentang kemanusiaan, berdoalah untuk Gaza."

Di samping foto tersebut, pelantun Calm Down itu juga menuliskan caption yang menyerukan perubahan.

"Tolong doakan keluarga dan bayi tersebut hari ini. Harap selalu ingat apa yang penting dalam hidup. Ini bukan semua itu. Kami di sini untuk membantu, menginspirasi, dan mencintai. Jadilah perubahan itu," tulisnya.

3. Miriam Margolyes

Miriam Margoyles blak-blakan menyatakan dukungannya kepada Emma Watson setelah postingannya yang pro-Palestina di Instagram.

Dalam sebuah wawancara dengan Middle East Eye, Mirian mengatakan bahwa postingan Watson hebat dan luar biasa.

"Israel benar-benar berusaha menekan ekspresi dukungan terhadap Palestina karena mereka dapat merasakan, setidaknya saya merasakan, bahwa opini publik sedang berbalik menentang Israel mengenai masalah ini, dan mereka ingin menghentikannya," katanya.

"Kita harus bisa mengkritik Israel. Kita harus menunjukkan di mana kegagalannya," tambahnya.

4. Zayn Malik

Zayn Malik telah beberapa kali bersuara membela Palestina selama dekade terakhir. Selama pemboman Israel di Gaza pada tahun 2014, penyanyi tersebut men-tweet hashtag "#FreePalestine" kepada jutaan pengikutnya, dan menerima banyak ejekan karena tweet tersebut.

Pada Mei 2021, Zayn memposting infografis mendetail di Instagram berjudul "Apa yang terjadi di Sheikh Jarrah". Dalam keterangannya, Zayn Malik mengatakan bahwa dia mendukung rakyat Palestina dan mendukung perlawanan mereka terhadap penjajahan.

"Hati saya sedih untuk keluarga yang kehilangan orang yang dicintai. Kita tidak bisa menjadi saksi bisu atas anak-anak yang menjadi yatim piatu dan dibunuh serta tidak menuntut hak asasi manusia seluruh rakyat Palestina. Ini harus diakhiri. Bebaskan Palestina," ungkapnya.

5. Dua Lipa

Dua Lipa menyuarakan dukungannya untuk warga Palestina selama serangan Israel tahun 2021 terhadap Gaza.

Baca Juga: Biodata Dian Fransiskasari Lengkap Agama dan Umur, TikToker yang Singgung 212 Juga Pertanyakan Jasa Palestina

Dua Lipa membagikan sejumlah postingan tentang apa yang terjadi pada penduduk lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem yang dijajah. 




Israel vs HamasSelebriti dunia dukung PalestinaSelebriti dukung Palestina

Share to: