Founder MAJA Labs Adrian Zakhary Berbagi Pentingnya Sustainable Fashion, AR Fashion hingga Phygital Rework di M Bloc Space

Founder MAJA Labs Adrian Zakhary Berbagi Pentingnya Sustainable Fashion, AR Fashion hingga Phygital Rework di M Bloc Space

Founder MAJA Labs Adrian Zakhary Berbagi Pentingnya Sustainable Fashion, AR Fashion hingga Phygital Rework di M Bloc Space

Founder MAJA Labs Adrian Zakhary di Gelar Wicara Kata Kota Kita (Foto: Istimewa)


Founder MAJA Labs Adrian Zakhary membeberkan pentingnya Sustainable Fashion, AR Fashion hingga Phygital Rework di era saat ini.

Hal ini Adrian Zakhary sampaikan ketika menghadiri acara Gelar Wicara Kata Kota Kita di Creative Hall, M Bloc Space pada 22 Oktober 2023.

Baca Juga: Anak Bangsa Tampilkan AR Digital Fashion Show mengangkat tema Bali di Dubai!

Tentang Gelar Wicara Kata Kota Kita

Gelar Wicara Kata Kota Kita adalah suatu acara yang digelar untuk menyambut Pekan Kebudayaan Nasional 2023. Salah satu tema di Gelar Wicara Kata Kota Kita adalah Slow Fashion dan Masa Depan Keberlanjutan.

Gelar Wicara Kata Kota Kita dengan tema Slow Fashion dan Masa Depan Keberlanjutan ini digelar pada 22 Oktober 2023 di Creative Hall, M Bloc Space dan menghadirkan Founder Drezzo by MAJA Labs, Adrian Zakhary sebagai narasumber.

Sementara itu, Hayuning Sumbadra didapuk untuk menjadi moderator dalam Gelar Wicara Kata Kota Kita dengan tema Slow Fashion dan Masa Depan Keberlanjutan ini.

Sustainable Fashion, AR Fashion hingga Phygital Rework Solusi Limbah Pakaian

Adrian Zakhary menjadi narasumber dalam acara Gelar Wicara Kata Kota Kita dengan tema "Slow Fashion dan Masa Depan Keberlanjutan”.

Adrian Zakhary yang merupakan Founder MAJA Labs membeberkan pentingnya Sustainable Fashion, AR Fashion hingga Phygital Rework.

Adrian menjelaskan saat ini limbah pakaian sudah mulai meresahkan dan menyebabkan pencemaran lingkungan. Untuk itu, perlu ditingkatkan penggunaan Sustainable Fashion.

Sustainable Fashion sendiri adalah merupakan upaya yang diambil untuk mendorong perubahan pada sistem produksi industri fashion menuju nilai-nilai ekologis dan keadilan sosial yang lebih besar. Konsep ini mendorong industri fashion memberikan dampak yang lebih baik terhadap kelestarian bumi dan kesejahteraan para pekerjanya.

Selain itu, dengan perkembangan digital yang semakin pesat, penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) pun bisa menjadi solusi untuk mengurangi limbah pakaian. Salah satu inovasi dari AR di dunia fashion adalah adanya AR Fashion, dimana orang bisa mengoleksi pakaian-pakaian secara digital.

Jika ingin pakaian tersebut dibuat menjadi fisik, maka bisa dilakukan Phygital Rework. Phygital sendiri mengusung konsep fisik-digital, jadi phygital tidak hanya menghadirkan koleksi fashion digital tetapi juga bentuk fisik dari fashion itu sendiri.

AR Fashion dan Phygital Show Drezzo di Dubai

Adrian Zakhary bersama MAJA Labs mengembangkan komunitas yang bernama Drezzo. Baru-baru ini Drezzo by MAJA Labs berhasil menghadirkan AR Fashion dan juga Phygital Show di Dubai dalam acara GITEX Global dan Future Blockchain Summit 2023, 15-18 Oktober 2023.

Drezzo yang berkolaborasi dengan aquacity menempati booth H8-A40, Hall 8, Dubai Harbour, Palm Jumeirah. Lewat kolaborasi ini dihadirkan AR digital fashion yang mana para pengunjung bisa merasakan pengalaman AR digital fashion.

Tidak sedikit pengunjung dari berbagai belahan dunia mulai dari Timur Tengah, Amerika, Eropa, Asia dan Afrika penasaran dan antusias ingin mencoba inovasi AR digital fashion yang dihadirkan Drezzo by Maja Labs tersebut. Apalagi digital fashion yang disuguhkan sangat unik dan khas budaya nusantara. 

Dalam Phygital Show, Drezzo mengajak model Internasional dari Dubai berlenggak-lenggok di atas panggung dengan menggunakan baju polos minimalis, namun seketika berubah menjadi menggunakan pakaian digital di layar besar.

Ada 7 Karya AR Digital Fashion yang ditampilkan bertema Futuristik, Modern dan Tradisional Bali. Untuk karya dari Bali, Seniman Drezzo by Maja Labs merespon Kain Endek dan Songket dari Bali yang diubah menjadi pakaian berkonsep AR.

Seniman Digital Fashion Drezzo, Schieva dan Bagas, juga berkolaborasi dengan Designer Muda Vonazsar FTW menampilkan 2 karya Phygital Fashion, yaitu Pakaian Fisik-Digital, dimana Baju dan Jaket bekas diubah menjadi pakaian dengan model terkini.

Baca Juga: DREZZO Hadirkan Pameran AR Digital Fashion di Future Blockchain Summit 2023 Dubai

Konsep ini disebut Upcycling Fashion, dan menjadi Visi Drezzo by Maja Labs untuk berkomitmen menjaga lingkungan dan mengurangi dampak limbah tekstil.




MAJA LabsDrezzoAdrian ZakharyGelar Wicara Kata Kota KitaPekan Kebudayaan Nasional 2023Sustainable FashionAR FashionPhygital ReworkTeknologiAR Digital Fashion

Share to: