Meriahkan Sumpah Pemuda, Digital Fashion Karya Anak Bangsa ‘DREZZO’ Launching di Eropa

Meriahkan Sumpah Pemuda, Digital Fashion Karya Anak Bangsa ‘DREZZO’ Launching di Eropa

Meriahkan Sumpah Pemuda, Digital Fashion Karya Anak Bangsa ‘DREZZO’ Launching di Eropa

Digital Fashion Karya Anak Bangsa ‘DREZZO’ Launching di Eropa (foto: Istimewa)


Digital fashion karya anak bangsa, DREZZO by MAJA Labs berhasil menembus kancah Internasional. Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2023, DREZZO berhasil diluncurkan di Eropa tepatnya di Antwerp, Belgia.

Ini menjadi momentum yang membanggakan karena DREZZO tak sendiri, komunitas ini menggandeng brand lokal untuk berkolaborasi. 

Baca juga: Drezzo Tour De Europe Dimulai, Diawali dengan Kota Antwerp, Belgia

DREZZO Jadi Digital Fashion Pertama Rilis di Eropa

Platform digital fashion yang dikembangkan oleh MAJA Labs, DREZZO berhasil meluncurkan karyanya di Eropa. Kali ini, DREZZO mengunjungi lokasi pertama yakni di Borgerhub, Antwerp, Belgia.

Melalui ‘Tour De Europe 2023’, DREZZO memberikan pengalaman baru bagi dunia fashion dengan mengenalkan teknologi Augmented Reality atau AR Digital Fashion. Dengan misi mengurangi limbah fashion yang ada, DREZZO juga menghadirkan pertunjukan AR Digital Fashion Show serta Phygital Fashion Show, yang memadukan fashion secara fisik serta digital.

“Runaway fashion yang kita hadirkan berbeda dari umumnya, karena kita akan hadirkan secara digital dimana model hanya akan menggunakan pakaian polos biasa tapi nanti akan terproyeksi lewat digital. Beberapa looks yang akan kami tampilkan akan mengenalkan budaya Indonesia khususnya Bali yang terinspirasi dari kain endek dan songket,” ujar Prayogo, Director of DREZZO.

Harapannya, melalui showcase ini, semakin banyak masyarakat yang sadar dan memahami pentingnya menjaga lingkungan, mengurangi limbah tekstil, mengurangi konsumsi fast fashion dan menghargai diri sebagai bagian dari bumi dengan Digital Fashion

Kolaborasi dengan Brand Lokal 

Tur Eropa ini merupakan kolaborasi DREZZO dengan brand lokal Adraworld serta FTW. Dalam fashion show yang ditampilkan, DREZZO serta Adraworld dan FTW menampilkan budaya Bali yakni seri Helioverse, dan seri Eiger Adventure.

“Kolaborasi ini terinspirasi dari budaya Bali, pertama DREZZO berasal dari Bali selain itu Adraworld juga berusaha untuk selalu mengambil inspirasi dari kekayaan budaya Indonesia. Adraworld membuat koleksi yang terinspirasi dari penari Bali dan bekerja sama dengan DREZZO untuk versi digital fashionnya,” ungkap Founder of Adraworld, Hayuning Sumbadra.

Diapresiasi Duta Besar RI Belgia

Acara yang digelar oleh DREZZO ini dihadiri oleh komunitas diaspora Indonesia Bersatu hingga pengunjung dari berbagai negara termasuk Prancis hingga Italia. Salah satu pengunjung asing bernama Kamila, merasa senang dapat merasakan dan melihat langsung karya dari seniman Indonesia.

“Saya Kamila, dan saya disini di Belgia bersama DREZZO dan MAJA Labs. Saya baru saja menghadiri acara yang luar biasa dalam rangka merayakan budaya Indonesia. Ini adalah kesempatan luar biasa untuk bisa merasakan kembali cita rasa Indonesia, menyaksikan peragaan busana luar biasa dari seniman berbakat.” katanya.

Tak hanya itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Belgia, Andri Hadi juga mengapresiasi adanya peluncurkan digital fashion oleh DREZZO berkolaborasi dengan produk lokal lainnya.

“Saya rasa ini kolaborasi yang sangat baik sekali untuk menampilkan berbagai produk Indonesia tertutama suitainability design yang dikreasikan. Banyak yang mengagumi karya-karya ini karena menggabungkan tradisional, tenun, dengan baju modern. Jadi ini bisa cocok dipakai bukan hanya oleh orang Indonesia tapi buat temen-temen di Eropa,” kata Andri Hadi.

Baca jugaFakta Unik For Talented Wankers, Kolaborator Drezzo Tour De Europe 2023 dan MAJA Labs, Brand Fashion Sustainable yang Mengolah Kain Bekas

Sukses diluncurkan di Antwerp, DREZZO Tour De Europe 2023 juga akan berlanjut ke ke Ibu Kota Belgia, Brussel hingga 30 Oktober 2023. Selanjutnya, Drezzo Tour De Europe 2023 akan menyambangi kota Milan, Italia pada 31 Oktober sampai 2 November 2023. Hingga nantinya Paris akan menjadi kota terakhir yang akan dikunjungi oleh DREZZO di Eropa




DREZZOMAJA LabsWeb3NFTTeknologiARDigital FashionAR Digital FashionAugmented Reality

Share to: