Adrian Zakhary Ungkap Lukisan Raden Saleh Memuat Nilai Nasionalisme Tinggi Sosok Pangeran Diponegoro

Adrian Zakhary Ungkap Lukisan Raden Saleh Memuat Nilai Nasionalisme Tinggi Sosok Pangeran Diponegoro

Adrian Zakhary Ungkap Lukisan Raden Saleh Memuat Nilai Nasionalisme Tinggi Sosok Pangeran Diponegoro

Founder sekaligus CEO Maja Labs Adrian Zakhary


Founder sekaligus CEO Maja Labs Adrian Zakhary menjadi salah satu pembicara di acara Lead The Talks by Lead The Fest 2023. Di Acara tersebut Adrian ungkapkan bahwa kebanyakan kita mungkin tidak menyadari sebuah pesan dari suatu karya seni yang bisa jadi bernilai tinggi, salah satunya seperti lukisan Pangeran Diponegoro karya Raden saleh. Menurutnya hal ini bisa jadi karena masih rendahnya edukasi tentang seni dan suatu karya seni.

Adrian Zakhary yang juga dikenal sebagai sosok kolektor muda berbagai jenis karya seni mengatakan bahwa sejatinya kita telah mengenal seni sejak sangat dini. Sejak duduk di sekolah dasar bahkan kita sudah terpapar dengan kegiatan berkesenian seperti menggambar.

Namun menurutnya, edukasi tentang seni di Indonesia nampaknya masih terbatas. Kebanyakan dari kita masih melihat suatu karya seni hanya untuk dinikmati saja. Padahal kita bisa menggali nilai- nilai penting yang ada di dalamnya.  

"Di Indonesia, kita belajar dari sekolah dasar untuk melihat seni tapi sayangnya masih sebagai konten, padahal di dalamnya tercurah siapa seniman dibaliknya dan pesan kuat di dalamnya," kata Adrian Zakhary, Jumat 3 November 2023 di acara di Lead The Talks by Lead The Fest 2023.  

Dirinya memberikan salah satu contoh sebuah karya seni hasil karya Saleh Sjarif Boestaman atau dikenal sebagai Raden yang menggambarkan sosok Pangeran Diponegoro. Menurut Adrian, salah satu pelukis maestro Indonesia yang diakui sebagai pelukis kelas dunia di berbagai lukisannya tentang Pangeran Diponegoro memuat pesan sangat luhur tentang nilai-nilai tinggi nasionalisme.  

"Salah satu contoh karya Raden Saleh yang menggambarkan nilai nasionalisme tinggi dari sosok Pangeran Diponegoro," bebernya.

Sebab itulah menurut Adrian dalam menyikapi suatu karya seni kita perlu kejelian dan kepekaan rasa dalam menangkap makna. Bahkan, lebih dari itu dirinya mendorong agar suatu karya seni juga bisa menjadi inspirasi dalam membangun negeri seperti yang tercermin dalam sosok Bung Karno.

Menurut Adrian presiden pertama Indonesia tersebut merupakan salah satu kolektor seni Indonesia. Sosok Bung Karno dan seni budaya Indonesia seolah tidak bisa dipisahkan, bahkan seni menjadi salah satu inspirasi dan spirit dalam membangun negeri.

"Bung Karno sejatinya adalah tokoh di lingkungan seni pertama di Indonesia, beliau adalah kolektor awal seni, lukisan, patung dan sebagainya, dan dari sana menjadi spirit membangun negeri ini dengan unsur keseniannya," ucap Adrian.

Menurut Adrian dalam menyikapi seni kita bisa belajar pada sosok Bung Karno. Menurutnya Bung Karno seorang pecinta seni sejati, selain menjadi kolektor seni, juga seorang yang sangat menghargai dan mengapresiasi seni dan mendukung atau support para seniman.




Adrian ZakharySeniRaden SalehLukisan Raden SalehPangeran DiponegroBung KarnoLead The Fest 2023Lead The Talks by Lead The Fest 2023

Share to: