Seminar Nasional Dewan Pers Sesi 3 Bahas Tentang Peran Jurnalis di Era Sekarang

Seminar Nasional Dewan Pers Sesi 3 Bahas Tentang Peran Jurnalis di Era Sekarang

Seminar Nasional Dewan Pers Sesi 3 Bahas Tentang Peran Jurnalis di Era Sekarang

Seminar Nasional Dewan Pers Sesi 3 (Foto: Istimewa)


Seminar Nasional Jurnalistik telah berhasil diselenggarakan Dewan Pers di The Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu (8/11).

Seminar Nasional yang bertajuk "Jurnalistik yang Mengancam Jurnalisme" ini digelar dalam rangkaian Anugerah Dewan Pers yang akan digelar pada Jumat, 10 November 2023.

Seminar Nasional "Jurnalistik yang Mengancam Jurnalisme" hadir dalam tiga sesi diskusi dengan bahasan serta narasumber yang berbeda-beda.

Baca Juga: Sesi 1 Seminar Nasional Dewan Pers, Bahas Praktik Jurnalistik yang Mengancam Jurnalisme

Jurnalis Harus Berpedoman pada UU Pers

Dalam sesi 3 Seminar Nasional "Jurnalistik yang Mengancam Jurnalisme" ini menghadirkan tiga narasumber yang berkompeten di bidangnya, mereka adalah Atmaji Sapto Anggoro (Anggota Dewan Pers), Subagja Hamara (GM Harapan Rakyat) dan Elin Yunita Kristanti (Wakil Pimpinan Redaksi Liputan6.com) serta dipandu oleh Winarto.

Atmaji Sapto Anggoro sebagai perwakilan Dewan Pers mengingatkan kepada semua jurnalis untuk harus berpedoman pada Undang-Undang No 40 Tahun 1999 tentang Pers, terutama pasal 1 ayat 6.

"Sebagai Dewan Pers saya mengingatkan undang-undang ada di pasal 1 ayat 6, pers nasional adalah pers yang diselenggarakan oleh perusahaan pers nasional, dan yang penting melakukan kontrol sosial," ucap Atmaji Sapto Anggoro di The Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (8/11).

Sementara itu, Subagja Hamara selaku pegiat media lokal online mengatakan bahwa perusahaan pers saat ini sudah menjadi perusahaan digital. Dan perusahaan pers itu sendiri merupakan salah satu dari modal bisnis.

"Bahwa hari ini kita harus upgrade ke satu level, bahwa kita ini perusahaan digital, perusahaan pers itu salah satu dari modal bisnis," ucap Subagja Hamara.

Cek Fakta Liputan6 untuk Cegah Hoax

Elin Yunita Kristanti mengatakan peran jurnalis di era sekarang juga harus sebagai sosok yang terdepan untuk mencegah hoax. Untuk itu, Liputan6 menghadirkan Cek Fakta yang melibatkan pembaca untuk menjadi partisipan dalam mencegah hoax agar tidak tersebar kemana-mana.

Baca Juga: Seminar Nasional Dewan Pers Sesi 2, Hadirkan Diskusi Tentang Jurnalistik di Era Digital

"Komunitas Pegiat Cek Fakta adalah upaya Liputan6.com untuk melibatkan audiens dan mendorong partisipasi. Peran pegiat cek fakta adalah membagikan informasi mencurigakan di grup WA, membagikan konten verifikatif ke grup masing-masing," kata Elin Yunita Kristanti.




Dewan PersSeminar nasionalSeminar jurnalistikSeminar Dewan PersJurnalistikJurnalismePers

Share to: