Presiden KOFICE Kilhwa Jung Buka 2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum di Jakarta

Presiden KOFICE Kilhwa Jung Buka 2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum di Jakarta

Presiden KOFICE Kilhwa Jung Buka 2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum di Jakarta

Presiden KOFICE Kilhwa Jung Buka 2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum (Foto: Istimewa)


Presiden Korean Foundation for International Cultural Exchange (KOFICE), Kilhwa Jung telah membuka 2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum di Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta pada Rabu (15/11/2023).

Sebagai perwakilan Republik Korea untuk ASEAN, Kilhwa Jung juga memberikan sebuah hadiah yakni pemasangan patung bernama 'Manusia Cermin', yang disumbangkan oleh pemerintah Korea dan telah dipasang di Jakarta.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ajak Amerika Serikat Meredakan Konflik di Gaza

Tentang 2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum

2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum adalah sebuah forum budaya inovatif yang diselenggarakan Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea dan Korean Foundation for International Cultural Exchange (KOFICE). Dan juga berkolaborasi dengan IndoArtNow, ASEAN Foundation dan Taman Ismail Marzuki.

2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum ini diselenggarakan selama dua hari, yakni 15 dan 16 November 2023 di Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta.

ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum merupakan acara tahunan yang selalu digelar setiap tahunnya sejak tahun 2020. Pada penyelenggaraan ketiga ini, 2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum mengangkat tema Ketekunan: Kreativitas di Perbatasan.

Penyelenggaraan 2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum ini juga bertepatan dengan peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Korea Selatan.

Dalam 2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum ini, dihadirkan enam sesi diskusi yang dibagi ke dalam dua hari, di hari pertama terdapat tiga sesi disuksi, yakni Perbatasan: Dampak Kolaborasi Lintas Batas pada Industri Kreatif, lalu di sesi kedua ada Kecerdasan Buatan: Penggunaan dan Dampak AI terhadap Industri Kreatif, dan disesi ketiga Lingkungan: Peran Praktisi Kreatif dalam Mengatasi Masalah Lingkungan Hidup.

Sementara itu, di hari kedua juga menghadirkan tiga sesi diskusi, yakni sesi keempat membahas tentang Kolaborasi: Pentingnya Aspek Kolaboratif dalam Upaya Kreatif, sesi kelima membahas tentang Copyright: Kekhawatiran Etis dan Masalah Copyright di Industri Kreatif, dan sesi keenam yang menjadi sesi terakhir membahas tentang Masa Depan: Insights Kreatif dalam Membentuk Masa Depan.

2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum Dibuka Presiden KOFICE

Presiden Korean Foundation for International Cultural Exchange (KOFICE), Kilhwa Jung menjadi sosok yang membuka penyelenggaraan 2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum.

Kilhwa Jung mengatakan tema 2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum ini adalah 'Ketekunan: Kreativitas di Perbatasan'. Dari tema ini, ASEAN dan Korea Selatan bersama-sama berupaya untuk mengeksplorasi industri kreatif yang terus berkembang seiring kemajuan teknologi.

"Fokus tematik forum tahun ini, 'Ketekunan: Kreativitas di Perbatasan', berupaya mengeksplorasi lanskap kreativitas dan industri kreatif yang terus berkembang dalam konteks kemajuan teknologi yang pesat seperti Al, ChatGPT, dan paradigma baru lainnya," kata Kilhwa Jung di Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta pada Rabu (15/11/2023).

Kilhwa Jung berterima kasih kepada IndoArtNow dan Art Jakarta yang telah berkolaborasi dengan Korea selama enam bulan terakhir untuk menyelenggarakan forum ini. 

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah berkolaborasi dengan Korea selama enam bulan terakhir untuk forum dan pameran tersebut, yaitu perwakilan dari 'IndoArtNow' dan 'Art Jakarta," ucap Kilhwa Jung.

 

Kilhwa Jung mengatakan ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum 2023 ini diselenggarakan sebagai momen untuk meletakkan dasar pertumbuhan bagi negara-negara ASEAN dan juga Korea Selatan dari berbagai sektor.

"Acara ini diselenggarakan untuk meletakkan dasar bagi pertumbuhan bersama di sektor ekonomi, teknologi, dan industri melalui pertukaran budaya dan seni antara Korea dan ASEAN," sambung Kilhwa Jung.

Pemerintah Korea Selatan Hadiahkan Patung di Jakarta

Sebagai perwakilan Republik Korea untuk ASEAN, Kilhwa Jung juga memberikan sebuah hadiah yakni pemasangan patung bernama 'Manusia Cermin', yang disumbangkan oleh pemerintah Korea dan telah dipasang di Jakarta.

"Teman-teman ASEAN yang terhormat, di Misi Republik Korea untuk ASEAN di Jakarta, sebuah patung bernama 'Manusia Cermin', yang disumbangkan oleh pemerintah Korea telah dipasang," ujar Kilhwa Jung.

Presiden KOFICE itu menjelaskan patung ini menandakan hubungan diplomatik antara Korea Selatan dan negara-negara ASEAN yang terus berjalan dimana di tahun depan akan memperingati 35 tahun peringatan hubungan Korea Selatan dan ASEAN.

"Karya seni ini menggambarkan dua individu yang saling berpegangan tangan, melambangkan komunikasi dan solidaritas yang saya yakini dimiliki oleh Korea dan ASEAN. Secara kebetulan, tahun 2024 menandai peringatan 35 tahun terjalinnya hubungan diplomatik ASEAN-Korea dan peningkatan hubungan tersebut menjadi 'Kemitraan Strategis Komprehensif (CSP)," kata Kilhwang Jung.

Kilhwa Jung berharap ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum 2023 bisa menjadi peluang untuk meningkatkan komunikasi dan kerja sama antara Korea Selatan dan ASEAN.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bertemu dengan Raja Yordania, Bahas Kemerdekaan Palestina

"Saya berharap forum ini dapat menjadi peluang untuk meningkatkan komunikasi dan kerja sama antara Korea dan ASEAN," harap Kilhwa Jung.




2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture ForumKorean Foundation for International Cultural ExchangeKOFICEKilhwa Jung

Share to: