Fakta – Fakta Gelar Kehormatan MBE yang Diberikan Raja Charlss III untuk BLACKPINK

Fakta – Fakta Gelar Kehormatan MBE yang Diberikan Raja Charlss III untuk BLACKPINK

Fakta – Fakta Gelar Kehormatan MBE yang Diberikan Raja Charlss III untuk BLACKPINK

Blackpink menerima gelar kehormatan MBE dari Raja Charless III di Istana Buckingham, Rabu, 22 November 2923 (foto: Getty Images)


Grup Kpop BLACKPINK menerima gelar kehormatan dari Kejaraan Inggris yang diberikan langsung oleh Raja Inggris III pada Rabu, 22 November 2023. Menurut pernyataan pihak Istana Buckingham, BLACKPINK menerima MBE sebagai pengakuan atas peran anggota bank sebagai Advokat COP26 untuk konferensi iklim PBB yang diadakan di Glasgow pada tahun 2021.

Selain itu, BLACKPINK juga menjadi grup Kpop pertama yang menjadi headline dalam festival musik besar di Inggris, BST Hyde Park pada Juli lalu. Lantas apa itu gelar kehormatan MBE dan siapa saja yang pernah menerimanya.

Baca jugaBLACKPINK Jadi Tamu Kehormatan dalam Perjamuan Kenegaraan Korea Selatan-Inggris di Istana Buckingham

Gelar Kehormatan MBE

MBE atau Member of the Order of the British Empire merupakan salah satu kelas penghargaan yang diberikan oleh Kerajaan Inggris. Penghargaan MBE merupakan penghargaan dari kelas Order of the British Empire yang berada di peringkat tertinggi ketiga.

Penghargaan di kelas ini diberikan sebagai penghormatan bagi orang yang berkontribusi pada seni, sains, aktivitas amal hingga pelayanan publik. Sementara MBE merupakan penghargaan atas prestasi atau pengabdian pada masyarakat di bidang tertentu.

Siapa yang Berhak Menerima MBE

Setiap orang berhak mencalonkan diri untuk menerima penghargaan tersebut ke Sekretariat Kehormatan dan Pengangkatan Kerajaan Inggris. Namun aka nada panitia seleksi yang menyerahkan hasil seleksi ke Raja melalui Perdana Menteri.

Penerima penghargaan MBE berhak menambahkan gelar di belakang nama mereka namun tidak ada hak khusus yang diterima. Biasanya penghargaan ini hanya diberikan pada warga Inggris namun Raja berhak memberikan penghargaan ini pada Warga Negara Asing.

Publik Figure yang Menerima MBE

Sejumlah publik figure ternama juga pernah menerima penghargaan MBE. Beberapa diantaranya adalah grup The Beatles pada tahun 1965, pesepak bola Inggris Steven Gerrard di tahun 2006, Kemudian penyanyi Adele pada tahun 2013, Ed Sheeran pada tahun 2017, serta Harry Kane yang menerima di tahun 2018.

 




BLACKPINKMBERaja Charless IIIIstana BuckinghamInggris

Share to: