Kapal Pembersih Sampah dari Coldplay Sudah Sampai di Indonesia, untuk Bersihkan Sungai Cisadane

Kapal Pembersih Sampah dari Coldplay Sudah Sampai di Indonesia, untuk Bersihkan Sungai Cisadane

Kapal Pembersih Sampah dari Coldplay Sudah Sampai di Indonesia, untuk Bersihkan Sungai Cisadane

Kapal Pembersih Sampah dari Coldplay Sudah Sampai di Indonesia (Foto: Istimewa)


Kapal pembersih sampah yang disumbangkan Coldplay dan The Ocean Cleanup sudah sampai di Indonesia pada Senin (27/11/2023).

Kapal bernama Neon Moon II itu langsung dikirim menuju Sungai Cisadane yang berada di Tanjung Burung, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang.

Baca Juga: Wow! Coldplay Hibahkan Kapal Penyedot Sampah Rp12M ke Pemkab Tangerang!

Diketahui kapal Neon Moon II ini berjenis interceptor (pencegat) pembersih sampah. Coldplay dan The Ocean Cleanup menyumbangkan satu kapal tersebut untuk membersihkan Sungai Cisadane.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Fachrul Rozi mengatakan kapal Neon Moon II ini akan dites terlebih dahulu sampai akhir tahun sebelum dioperasikan secara menyeluruh.

"Tidak langsung dioperasikan secara menyeluruh, kita coba dulu sampai akhir tahun. Dan sekalian, kita berikan training kepada 12 orang untuk dapat mengoperasikan kapal penyedot sampah Neon Moon II," Fachrul Rozi, Selasa (28/11/2023).

Setelah beroperasi, nanti kapal sampah tersebut akan membersihkan sampah di Sungai Cisadane, selanjutnya sampah yang didapat akan dibawa ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS), lalu dipilah dan akan dimanfaatkan sebagai pupuk dan didaur ulang menjadi produk-produk yang dapat dipakai kembali oleh masyarakat.

"Kapal ini bisa menampung lebih  6 ton sampah plastik dari Sungai Cisadane yang selanjutnya dibawa ke penampungan sampah dan diolah kembali," lanjutnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid mengatakan kapal ini akan mampu membawa sampah dengan kapasitas 6 ton per hari.

"Kapasitasnya 6 ton per hari. Yang mana, otomatis dengan ini, permasalahan sampah di sungai bisa teratasi," kata Moch Maesyal Rasyid.

Sebelumnya, Coldplay telah sukses menggelar konser perdananya di Indonesia pada Rabu (15/11/2023) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. 

Baca Juga: Tersangka Penipu Tiket Coldplay Resmi Ditahan

Usai konser, Chris Martin dkk yang bekerja sama dengan The Ocean Cleanup, sebuah organisasi non-profit yang berbasis di Belanda menyumbangkan kapal pembersih sampah tersebut untuk membersihkan Sungai Cisadane di Tangerang.




ColdplayKapal sumbangan ColdplayColdplay sumbang kapalKapal Neon Moon IIKapal Neon Moon II ColdplaySungai Cisadane

Share to: