Fakta-Fakta Hari AIDS Sedunia, Diperingati 1 Desember 2023

Fakta-Fakta Hari AIDS Sedunia, Diperingati 1 Desember 2023

Fakta-Fakta Hari AIDS Sedunia, Diperingati 1 Desember 2023

Hari AIDS Sedunia (foto: Freepik)


Setiap tanggal 1 Desember masyarakat dunia memperingati Hari AIDS Sedunia. Peringatan ini bertujuan untuk mengenang para korban yang meninggal akibat penyakit AIDS serta mengedukasi masyarakat terkait bahaya dari penyakit tersebut. 

Baca jugaIni Tema Hari Televisi Sedunia 2023, Lengkap Arti dan Maknanya

Sejarah Hari AIDS Sedunia 

Hari AIDS Sedunia dicetuskan pertama kali oleh James W. Bun dan Thomas Netter pada Agustus 1987. Keduanya merupakan pegawai informasi publik untuk Global Programme on AIDS di World Health Organization (WHO) di Jenewa, Swiss.

Atas rekomendasi tersebut, Hari AIDS Sedunia kemudian diperingati pertama kali pada 1 Desember 1988. Tanggal 1 Desember dipilih karena bertepatan dengan libur Natal dan berakhirnya pemilu di Amerika Serikat kala itu. 

Tema Hari AIDS Sedunia 2023

Tahun ini, Hari AIDS Sedunia diperingati dengan tema “Let Communities Lead” atau “Biarkan Masyarakat yang Memimpin”. Tema ini menyoroti bagaimana masyarakat kerap kali masih terhalang oleh beberapa faktor dalam menyuarakan gerakan ini. Harapannya komunitas dapat menjadi penghubung yang mengedukasi masyarakat terkait bahayanya AIDS.

Baca jugaDiperingati Setiap 22 November, Inilah Fakta dan Sejarah Love Your Freckles Day

Simbol Pita Merah 

Hari AIDS Sedunia selalu identic dengan simbol pita merah yang dikenakan di berbagai atribut. Pita merah digunakan sebagai simbol universal dukungan bagi pengidap HIV sejak tahun 1991. Kala itu 12 seniman yang membahas proyek visual AIDS di New York mencetuskan pita merah sebagai simbol untuk dukungan terhadap para penderita HIV/AIDS. Warna merah dinilai sebagai simbol keberanian, semangat, serta cinta.




Tema Hari AIDS Sedunia 2023Hari AIDS SeduniaSejarah Hari AIDS SeduniaPita Merah Simbol AIDS

Share to: