Monita Tahalea Ungkap Pentingnya Aktualisasi Diri Ditengah Perkembangan AI

Monita Tahalea Ungkap Pentingnya Aktualisasi Diri Ditengah Perkembangan AI

Monita Tahalea Ungkap Pentingnya Aktualisasi Diri Ditengah Perkembangan AI

Monita Tahalea (foto: Instagram/@monitatahalea)


Penyanyi Monita Tahalea mengungkapkan bahwa manusia harus terus mengaktualisasi diri atas perkembangan teknologi yang ada. Kini teknologi artificial intelligence (AI) tengah menjadi sorotan bahkan teknologi tersebut memungkinkan manusia membuat karya musik secara lebih mudah. 

Meski begitu, Monita menilai manusia memiliki keunggulan tersendiri dibanding AI. Hal ini membuat karya manusia akan lebih unggul dibanding AI.

Baca jugaIncubus Konser Lagi di Jakarta April 2024

“Kalau aku percaya manusia itu punya tiga, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Sebagai seorang seniman nggak bisa dipungkiri, tubuhnya semua disalurkan ke situ, dan emosinya, tapi juga apa yang dipercayai, apa yang selama ini dihidupi, itu semuanya tertuang di karya-karyanya,” ujar Monita ditemui di kawasan Menteng beberapa waktu lalu.

Bagi Monita, karya manusia akan tetap terasa berbeda karya terdapat perasaan serta bantuan Tuhan yang membuat pendengar merasakan hal berbeda.

“Ketika berkarya itu ada faktor-faktor lain yang di luar pengalaman kita dan skill kita. Ada faktor-faktor yang divine intervention, yang bikin karya tuh bisa impactful bukan hanya dari pendengaran, tapi juga benar-benar bisa bermakna buat penikmatnya maupun buat yang melakukannya,” katanya.

Namun Monita tak memungkiri bahwa sebagai manusia kita harus terus terbuka dengan perkembangan zaman. Penting bagi manusia untuk mengaktualisasi diri mengikuti perkembangan zaman.

“Ya AI itu juga bisa maju terus, kita pun sebagai manusia harus berkembang juga. Aktualisasi diri itu harus,” ungkap Monita.

“Selama kita hidup di dunia ini, tujuan kita adalah mengaktualisasi diri. Kita nggak akan mungkin ada di tahap yang kita tahu segalanya. Sampai tua nanti kita akan terus jadi orang yang belajar hal-hal yang baru,” pungkasnya.

Baca juga: Jisoo BLACKPINK Konfirmasi Bintangi Serial ‘Influenza’, Syuting Mulai Bulan Ini

Monita Tahalea beberapa waktu lalu menggelar konser bertajuk Pada Waktu bersama musisi Ananda Badudu. Konser tersebut digelar di Gedung Kesenian Jakarta pada 13 November 2023. Baik Monita maupun Ananda Badudu sama-sama terlibat dan kerap berkolaborasi di album masing-masing.




Monita TahaleaMusikAIartificial intelligence

Share to: