Berbeda Dengan Debat Capres, Gibran Akan Awali Debat Cawapres Malam Ini

Berbeda Dengan Debat Capres, Gibran Akan Awali Debat Cawapres Malam Ini

Berbeda Dengan Debat Capres, Gibran Akan Awali Debat Cawapres Malam Ini

Debat Cawapres (foto: KPU)


Debat perdana Calon Wakil Presiden (Cawapres) akan digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari ini, Jumat, 22 Desember 2023 pukul 19.00 WIB. 

Ini menjadi debat kedua yang digelar KPU RI usai debat capres pada 12 Desember 2023 lalu. Dalam debat malam ini yang menghadirkan tiga cawapres, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud M, ada sejumlah perbedaan dari debat capres sebelumnya.  

Baca juga: Prabowo Subianto Tanggapi Serangan Anies dan Ganjar di Debat Capres dengan Humor

1. Lokasi Debat

Debat capres pada 12 Desember lalu diselenggarakan di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Sementara untuk debat cawapres akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat. Meski begitu tamu undangan dari masing-masing paslon tetap maksimum 75 orang.

2. Ada Podium 

Pada debat cawapres kali ini, KPU akan menyediakan podium untuk masing-masing cawapres di panggung. Selain itu, KPU juga mengizinkan cawapres membawa kertas dan bolpoin sebagai alat bantu mencatat.

3. Tema Debat 

Pada debat capres, tema yang dibahas mengenai isu pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Sedangkan pada debat cawapres kali ini, isu yang akan diangkat adalah ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, pajak, tata kelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), investasi, perdagangan, infrastruktur, dan perkotaan.

Baca juga: Sampaikan Pesan Toleransi, Gibran Rakabuming Bertemu Perwakilan 17 Etnis di Kota Singkawang

4. Gibran Awali Debat

Menurut KPU, Gibran Rakabuming Raka akan mengawali debat perdana cawapres dengan pemaparan visi dan misi sebagai cawapres nomor urut 2. Sebelumnya, Anies Baswedan sebagai capres nomor urut 1 memulai pemaparan visi dan misi pada debat capres. KPU menyebut ini merupakan giliran yang disesuaikan dengan nomor urutan debat.




Debat CawapresKPUPemilu 2024Pilpres 2024

Share to: