GIbran Pertanyakan Sikap Cak Imin Soal IKN: 'Dulu Dukung, Kok Sekarang Berubah?'

GIbran Pertanyakan Sikap Cak Imin Soal IKN: 'Dulu Dukung, Kok Sekarang Berubah?'

GIbran Pertanyakan Sikap Cak Imin Soal IKN: 'Dulu Dukung, Kok Sekarang Berubah?'

Debat Cawapres, Jumat, 22 Desember 2023 (foto: Youtube KPU)


Gibran Rakabuming Raka menegaskan bahwa tidak seluruh program pembangunan harus menggunakan APBN. Ia mengambil contoh pembangunan IKN dimana hanya menggunakan 20 persen anggaran APBN, dan sisanya didanai oleh investor.

Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar memberi tanggapan dan menilai pembangunan IKN bukan termasuk dalam skala prioritas bangsa Indonesia.

Baca juga“Love Sign” Gibran: Untuk Para Ibu & Generasi Emas Indonesia

(foto: Youtube KPU)

“Seluruh proyek-proyek besar yang ambisius, ini IKN sebagai salah satu contoh saja, kalau hanya mengandalkan APBN hampir 500 triliun. Padahal 1 persen saja dari 4 ratus sekian triliun itu untuk bangun jalan seluruh Kalimantan beres,” kata Cak Imin.

Komentar Cak Imin kemudian ditanggapi dengan sindiran santai oleh Gibran. Ia mempertanyakan konsistensi Cak Imin yang sebelumnya mendukung pembangunan IKN namun berubah setelah mencalonkan diri sebagai cawapres pasangan Anies Baswedan.

“Saya ingat sekali Gus Muhaimin dulu sempat ikut meresmikan dan potong tumpeng di IKN. Ini gimana ini, gak konsisten, dulu dukung sekarang nggak dukung karena menjadi wakilnya Pak Anies yang mengusung tema perubahan,” ujar Gibran,

(foto: Youtube KPU)

Menurut Gibran, IKN bukan hanya menjadi proyek bangunan pemerintah yang dinilai ambisius seperti kata Cak Imin, melainkan simbol pemerataan pembangunan di Indonesia.

“Sekali lagi Gus, mohon maaf IKN bukan hanya membangun bangunan pemerintah. Tapi juga sebagai simbol pemerataan pembangunan di Indonesia. Sebagai simbol transformasi di Indonesia,” imbuh Gibran diikuti riuh dukungan penonton debat.




Gibran Rakabuming RakaPilpres 2024Pemilu 2024Debat Cawapres

Share to: