Gunung Lewotobi Laki-Laki di NTT Erupsi, Ribuan Orang Dievakuasi

Gunung Lewotobi Laki-Laki di NTT Erupsi, Ribuan Orang Dievakuasi

Gunung Lewotobi Laki-Laki di NTT Erupsi, Ribuan Orang Dievakuasi

Gunung Lewotobi Laki-Laki di NTT Erupsi (Foto: VOA)


Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) erupsi pada Senin (1/1/2024).

Gunung berapi itu telah meletus beberapa kali dalam beberapa minggu ini, termasuk letusan pada Senin yang memuntahkan abu vulkanik 1,5 kilometer.

Baca Juga: Gunung Marapi Erupsi, 11 Pendaki Dinyatakan Tewas

Dilansir VOA, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan Gunung Lewotobi Laki-Laki meletus lagi pada Selasa tetapi tidak tampak awan abu dari gunung tersebut. Lebih dari 2.000 penduduk dievakuasi ke tempat-tempat penampungan sementara.

Foto: VOA

Benediktus Bolibapa Herin, seorang pejabat kabupaten Flores Timur, mengatakan kepada kantor berita AFP pada Selasa (2/1/2024), abu vulkanik dari letusan baru-baru ini telah berdampak pada dua kecamatan di dekat gunung itu, menyebabkan lebih dari 2.200 penduduk mengungsi ke tempat-tempat penampungan sementara yang didirikan pemerintah setempat.

“Jumlah pengungsi di (kecamatan) Wulanggitang berjumlah 1.931 orang, dan di (kecamatan) Ile Bura 328 orang,” kata Herin dikutip dari VOA, Rabu (3/1/2024).

Ia menambahkan bahwa jumlah pengungsi kemungkinan bertambah dengan semakin banyaknya masyarakat yang menyelamatkan diri dari letusan gunung tersebut.

Foto: VOA

Sementara itu, pihak berwenang pada Senin (1/1/2024) menaikkan status gunung berapi tersebut ke tingkat kewaspadaan tertinggi kedua dan memperluas zona pengecualian dari dua kilometer menjadi empat kilometer di sekitar kawahnya.

Baca Juga: Zhafirah Zahrim, Korban Gunung Marapi yang Selamat, Meninggal Dunia

Abu gunung berapi juga memaksa Bandara Frans Seda, yang terletak lebih dari 80 kilometer dari lokasi, ditutup sejak Senin.




Gunung Lewotobi Laki-LakiGunung Lewotobi Laki-Laki erupsi

Share to: