Rian D'MASIV Takut Industri Musik Indonesia Terhambat Karena Kasus Somasi Antar Musisi

Rian D'MASIV Takut Industri Musik Indonesia Terhambat Karena Kasus Somasi Antar Musisi

Rian D'MASIV Takut Industri Musik Indonesia Terhambat Karena Kasus Somasi Antar Musisi

Rian D'MASIV (Foto: Instagram @rianekkypradipta)


Akhir-akhir ini sedang ramai perihal kasus somasi yang dilakukan antar musisi. Sebagai musisi, Rian D'MASIV pun turut bersuara mengenai hal tersebut.

Melalui akun Instagramnya, penyanyi bernama lengkap Rian Ekky Pradipta itu mengungkapkan rasa prihatiannya mengenai isu yang sedang viral ini.

Baca Juga: Stinky dan Andre Taulany Dilarang Bawakan Lagu ‘Mungkinkah’

“Saya sangat prihatin dengan adanya konflik larang melarang lagu ini. Ini bukan hanya tentang satu atau dua lagu, tetapi tentang bagaimana kita menghargai karya seni,” tulis Rian, dikutip pada Rabu (17/1/2024). 

Rian takut jika somasi antar musisi ini terjadi, industri musik Indonesia akan terhambat.

“Industri musik kita perlu berkembang, bukan terhambat oleh isu-isu seperti ini,” ungkap Rian.

Rian mengatakan bahwa hal ini akan berdampak pada ketakutan seseorang untuk membawakan lagu Indonesia. Hal ini juga bisa mengurangi keberagaman ekspresi musikal di Indonesia.

 “Ada kekhawatiran bahwa performer dan penyelenggara pertunjukan akan takut untuk membawakan lagu Indonesia. Ini bisa mengurangi keberagaman ekspresi musikal di negara kita,” tutur Rian.

Rian menjelaskan bahwa aturan Collective Management Organizations (CMOs) di Indonesia sudah cukup baik. Hanya saja butuh perbaikan dalam pelaksanaannya.

Baca Juga: Andre Taulany Tegaskan Selalu Bayar Royalti Ketika Bawakan Lagu 'Mungkinkah'

“Menurut saya, aturan Collective Management Organizations (CMOs) di Indonesia sudah cukup baik, tetapi ada banyak ruang untuk perbaikan dalam pelaksanaannya,” tandasnya.




Rian D'MASIVSomasi antar musisi

Share to: