9 Tahun Melatih, Jurgen Klopp Umumkan Keluar dari Liverpool Akhir Musim

9 Tahun Melatih, Jurgen Klopp Umumkan Keluar dari Liverpool Akhir Musim

9 Tahun Melatih, Jurgen Klopp Umumkan Keluar dari Liverpool Akhir Musim

Jurgen Klopp Keluar dari Liverpool (Foto: Instagram @liverpoolfc)


Jurgen Klopp dipastikan akan meninggalkan Liverpool akhir musim 2023/2024 setelah 9 tahun melatih.

Kepastian itu diungkap Liverpool melalui situs resmi klub, Jumat (26/1/2024). Pihak Liverpool menyatakan Klopp telah memutuskan untuk meninggalkan klub akhir musim ini.

Baca Juga: Here We Go! Tottenham Hotspur Pinjam Timo Werner Sampai Akhir Musim

"Jurgen Klopp telah mengumumkan keputusannya untuk mengundurkan diri sebagai pelatih Liverpool pada akhir musim ini, setelah memberi tahu pemilik klub tentang keinginannya untuk meninggalkan posisinya ketika musim 2023-24 hampir berakhir," tulis pihak Liverpool.

Kontrak Klopp bersama Liverpool baru akan berakhir Juni 2026. Namun, pelatih asal Jerman itu mengaku kehabisan energi untuk terus melatih Liverpool.

"Bagaimana saya mengatakannya, kehabisan energi. Saya tidak punya masalah sekarang, tentu saja, saya sudah tahu bahwa saya harus mengumumkannya suatu saat nanti, tapi saya baik-baik saja saat ini. Saya tahu saya tidak dapat melakukan pekerjaan itu lagi dan lagi dan lagi dan lagi," ucap Klopp.

Klopp mengatakan sengaja mengumumkan kepergian dari Liverpool di tengah musim ini agar manajemen The Reds memiliki waktu untuk merencanakan perubahan tim pelatih.

"Saya sudah memberi tahu klub sejak November lalu. Saya harus menjelaskan sedikit bahwa mungkin dari luar pekerjaan saya terlihat berada di pinggir lapangan dan dalam sesi latihan, hal-hal seperti ini. Tetapi sebagian besar hal terjadi di sekitar hal-hal semacam ini. Itu berarti ketika musim berjalan dan Anda sudah merencanakan musim berikutnya," ujar Klopp.

Klopp menuturkan bahwa ia kini sudah tidak fokus untuk agenda Liverpool musim depan. Mulai dari perekrutan pemain baru hingga pemusatan latihan.

Baca Juga: Biodata dan Profil Justin Hubner: Umur, Agama dan Karier, Pemain Sepak Bola Resmi Naturalisasi Jadi WNI

"Saat kami duduk membicarakan tentang calon pemain baru, pemusatan latihan musim panas berikutnya, dan apakah kami bisa pergi ke mana pun, muncul pemikiran, 'Saya tidak yakin saya bisa di sini lagi' dan saya sendiri terkejut dengan hal itu. Saya jelas mulai memikirkan [untuk pergi]," kata Klopp.




Jurgen KloppLiverpoolJurgen Klopp keluar Liverpool

Share to: