KUYOU Telah Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

KUYOU Telah Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

KUYOU Telah Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Perwakilan Dewan Pers, Agoez Perdana (kiri) dan Pemimpin Redaksi KUYOU, Cahyo Wibowo (kanan)(foto: Kuyou)


Media KUYOU.ID telah mendapatkan verifikasi secara administratif dan faktual dari Dewan Pers pada Kamis, 1 Februari 2024.

Sebelumnya, perwakilan Dewan Pers, Agoez Perdana, mengunjungi kantor redaksi KUYOU di di Jalan Puri Sakti I No.39, RT.2/RW.6, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta pada 4 Desember 2023 lalu.

Verifikasi faktual dilakukan dengan sistem hybrid, dimana perwakilan Dewan Pers, Agoez Perdana hadir di kantor KUYOU.ID dan beberapa anggota Dewan Pers lainnya hadir secara virtual melalui Zoom Meeting. Agoez Perdana merupakan Pimpinan Redaksi KabarMedan.com serta pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) yang menjadi konstituen Dewan Pers.

(foto: Kuyou)

Dalam sesi Zoom Meeting, tim Dewan Pers melakukan analisis konten terhadap artikel-artikel yang telah dibuat oleh tim redaksi KUYOU.ID. Agoez Perdana juga meninjau secara langsung ruang redaksi KUYOU.ID.

Sebelumnya, Dewan Pers juga telah memeriksa kelengkapan, kecocokan, hingga keabsahan data perusahaan yang didaftarkan secara online melalui website pendataan perusahaan pers di Dewan Pers.

Verifikasi yang dilakukan oleh Dewan Pers bukanlah bentuk bredel, sensor atau pembatasan kebebasan pers. Hal ini justru untuk menjamin mutu produk jurnalistik yang disajikan kepada publik. Mengingat saat ini banyak media online yang secara sengaja memberikan berita-berita hoax. 

(foto: Kuyou)

Menurut Pimpinan Redaksi KUYOU.ID, Cahyo Wibowo, setelah lolos verifikasi administrarif dan faktual, maka media KUYOU memiliki kewajiban untuk menyajikan berita yang sesuai dengan kaidah Jurnalistik. 

Redaksi KUYOU.ID mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih pada pihak Dewan Pers karena telah melakukan pembimbingan dan pencerahan hingga KUYOU berhasil terverifikasi secara administratif dan faktual.




KUYOUVerifikasi Dewan PersDewan PersVerifikasi Administratif dan FaktualKUYOU Lolos Verifikasi Dewan Pers

Share to: