Puspenpol Pasca Debat Capres Kelima: Prabowo Kuasai TikTok, Ganjar Terendah

Puspenpol Pasca Debat Capres Kelima: Prabowo Kuasai TikTok, Ganjar Terendah

Puspenpol Pasca Debat Capres Kelima: Prabowo Kuasai TikTok, Ganjar Terendah

Direktur Strategis Puspenpol, Adrian Zakhary (foto: Dok. Puspenpol)


Debat capres kelima Pemilu 2024 telah digelar pada Minggu, 4 Februari 2024 lalu. Pasca Debat, capres nomor urut 2, Prabowo Subianto menguasai platform TikTok hingga FYP dan meraih jutaan views.

Lembaga Pusat Penerangan Politik (Puspenpol) melakukan riset per 4 Februari 2024 pukul 18.00 WIB hingga 5 Februari 2024 pukul 12.00 WIB. Hal tersebut dilakukan untuk melihat perhatian masyarakat pada masing-masing paslon saat berlangsung hingga pasca debat dari capaian jumlah mention, total jangkauan hingga interaksi di TikTok untuk meraih perhatian masyarakat.

Baca juga: Survey Indikator Politik Indonesia, Elektabilitas Prabowo-Gibran Unggul Jauh

Direktur Strategis Puspenpol. Adrian Zakhary mengungkapkan bahwa Capres Prabowo Subianto mendominasi di FYP TikTok disusul oleh Anies dan Ganjar. Clossing statement Prabowo uang meminta maaf pada paslon lain mendapatkan jumlah views mencapai 4,1 juta. Sementara Anies mendapatkan 2,1 juta views dan Ganjar 462,4 ribu views.

"Pada 4-5 Februari 2024, tepatnya saat debat capres dan pasca debat capres berlangsung,mention terkait semua paslon menunjukkan angka yang tinggi, namun jika kita lihat data klasifikasinya, Capres 02 terbesar ya, disusul Capres 01 di posisi kedua dan Capres 03 di posisi terakhir“ kata Adrian. 

“Selama debat dan pasca debat Capres, Video FYP atau viral didominasi oleh Prabowo. Salah satu konten tertinggi Capres 02 itu berasal dari UGC akun netizen yang mempublikasi pernyataan penutup dari Prabowo Subianto yang meminta maaf kepada Paslon lain, menunjukkan kebesaran jiwa sebagai negarawan dan kebijaksanaannya, bisa jadi konten-konten UGC tersebut mendapat perhatian khusus dari para pengguna TikTok Indonesia,” imbuhnya.

Sedangkan dalam jumlah postingan yang bertaut secara User Generated Content (UGC), Prabowo mendapatkan 1.798.500 video di TikTok, jauh lebih unggul dari Ganjar yang hanya mendapatkan 1.335.800 video di TikTok dan disusul oleh Anies yang menempati posisi terendah dengan 711.100 video di TikTok.

(foto: VOA)

Baca jugaPuspenpol Sebut TikTok Jadi Referensi Isu Politik Jelang Pemilu, Bukan Lagi Twitter

“Capres nomor urut 02 Prabowo lagi-lagi unggul di platform TikTok dengan persentase signifikan dari perbandingan total konten UGC, perbandingan views, hingga perbandingan konten TikTok pasca debat Capres kemarin” tutur Adrian.

Sebagai informasi, Indonesia merupakan negara dengan pengguna TikTok terbesar kedua di dunia. Hingga saat ini terdapat setidaknya 106 juta pengguna aktif media sosial tersebut menurut data We Are Social per November 2023. Dengan demikian, Puspenpol menilai TikTok dapat menjadi rujukan atau referensi isu politik di tanah air.




PuspenpolPilpres 2024Politik 2024Pemilu 2024Adrian Zakhary

Share to: