Isu Jadi Walikota Solo, Puspenpol Ungkap Kepopuleran Gusti Bhre di TikTok

Isu Jadi Walikota Solo, Puspenpol Ungkap Kepopuleran Gusti Bhre di TikTok

Isu Jadi Walikota Solo, Puspenpol Ungkap Kepopuleran Gusti Bhre di TikTok

Direktur Strategis Puspenpol, Adrian Zakhary dan Gusti Bhre (foto: Instagram/@thezakhary)


Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X atau Gusti Bhre saat ini tengah disebut menjadi calon kuat pengganti Gibran Rakabuming sebagai Walikota Solo. Sama seperti Gibran, Gusti Bhre dinilai sebagai figur pemimpin muda yang pas untuk meneruskan perbaikan di Kota Solo. 

Baca juga: Kanjeng Gusti Bhre, Raja Muda dari Surakarta di Era Milenial

Pemilik nama lengkap Gusti Pangeran Haryo Cakrahutomo Wira Sudjiwo ini juga populer di media sosial khususnya TikTok. Pusat Penerangan Politik (Puspenpol) mengungkap bahwa meski tak memiliki akun TikTok, Gusti Bhre banyak memiliki akun proxy yang membawanya meraih jutaan views di berbagai video. 

(foto: Dok. Puspenpol)

“Kami melihat sosok Gusti Bhre sebagai anak muda yang sangat pas menggantikan Mas Gibran sebagai Walikota Solo saat ini,” ungkap Direktur Puspenpol, Adrian Zakhary. 

Gusti Bhre disoroti oleh netizen TikTok sebagai representasi kalangan muda. Berdasarkan analisis Puspenpol, popularitasnya menunjukkan hasil yang signifikan dari konten-konten User Generated Content.

Baca juga: Bertemu Gibran, Gusti Bhre Ungkap Topik Pembicaraan Keduanya

Selain itu, latar belakang pendidikannya sebagai lulusan ilmu hukum Universitas Indonesia hingga pengalamannya memimpin Mangkunegaran di usia muda mendorong sosok Gusti Bhre menjadi calon yang pas jadi Walikota Solo. 

“Kepopuleran di media soial khususnya TikTok, beliau juga lulusan Hukum UI dan memiliki bisnis di usia muda. Lalu kini sebagai Mangkunegara ke-X beliau sedang mewujudkan Mangkunegaran sebagai pusat budaya banga,” tutur Adrian. 

(foto: Puspenpol)

Gusti Bhre juga kerap muncul bersama Gibran di berbagai kesempatan. Namun ketika ditanya mengenai tanggapannya sebagai calon Walikota Solo, pria 26 tahun tersebut mengaku belum ada pembicaraan ke arah sana. 

"Belum ada pembicaraan yang seperti itu. Mengalir saja, kita lihat aja ke depannya," ungkap Gusti Bhre saat ditemui dalam acara Ngobrol Bareng, Wisata Solo Menyala Abangku di Solo, Senin (4/3).




Adrian ZakharyPuspenpolPusat Penerangan politikDirektur Strategis PuspenpolGusti BhreWalikota Solo

Share to: