Amanda Nguyen Bakal Jadi Wanita Asia Tenggara Pertama yang Terbang ke Luar Angkasa

Amanda Nguyen Bakal Jadi Wanita Asia Tenggara Pertama yang Terbang ke Luar Angkasa

Amanda Nguyen Bakal Jadi Wanita Asia Tenggara Pertama yang Terbang ke Luar Angkasa

Amanda Nguyen Jadi Wanita Asia Tenggara Pertama yang Terbang ke Luar Angkasa (Foto: Instagram @


Warga Amerika berdarah Vietnam, Amanda Nguyen, berhasil menggapai mimpi jadi astronot setelah memperjuangkan hak sebagai penyintas kekerasan seksual. Ia kini dihormati sebagai wanita Asia Tenggara pertama yang akan terbang ke luar angkasa.

Melansir Orange County Register, organisasi nirlaba Space for Humanity akan menjadi sponsor perjalanan Amanda Nguyen untuk menjelajahi luar angkasa melalui program Citizen Astronaut Program. Nantinya, Amanda akan melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan kendaraan antariksa bernama Blue Origin New Shepard.

Baca Juga: NASA Kembangkan Hijab Khusus Astronot Muslimah

"Perjalanan baru Amanda akan menjadi contoh cemerlang dan sangat ditunggu-tunggu bagi banyak orang lainnya," kata direktur eksekutif Space for Humanity, Antonio Peronace dalam sebuah pernyataan.

"Sebagai organisasi yang berkomitmen untuk mendemokratisasi ruang angkasa dan membuatnya dapat diakses oleh seluruh warga dunia, kami bangga bahwa Amanda dan perjalanannya mewakili kekuatan, semangat, dan kecemerlangan yang ingin kami terus luncurkan ke tingkat yang lebih tinggi," lanjutnya.

Amanda memiliki mimpi menjadi seorang astronot. Namun, dia melupakan mimpi tersebut karena pernah menjadi korban pelecehan seksual pada 2013 saat masih menempuh studi keamanan nasional dan astrofisika di Universitas Harvard.

Kejadian buruk itu membuat Amanda hancur berantakan. Hebatnya, dia berhasil bangkit dan memperjuangkan hal-hal baik serta keadilan.

"Sebagai seseorang yang mimpinya adalah pergi ke luar angkasa namun terhenti dan tertunda - seperti yang dialami banyak orang, terutama perempuan, yang menghadapi kekerasan berbasis gender - kesempatan ini berarti sebuah "keadilan" bagi saya," kata Nguyen.

"Saya sempat memilih menunda mimpi menjadi astronot demi memperjuangkan hak-hak (bagi para penyintas kekerasan berbasis gender), dan saya masih bisa terus mempertahankan identitas tersebut sebelum benar-benar terluka (akibat kekerasan seksual)," ungkapnya lagi.

Salah satu alasan Amanda terpilih dalam program Citizen Astronaut Program adalah berkat kerja kerasnya di bidang kemanusiaan. Setelah mengalami pelecehan seksual, Amanda menyadari betapa sulitnya mencari keadilan, terutama dalam kasus pelecehan seksual.




Amanda NguyenAmanda Nguyen terbang ke luar angkasaWanita Asia Tenggara Pertama yang Terbang ke Luar Angkasa

Share to: