Investor Diimbau Waspada, Adrian Zakhary Soroti Penipuan Kripto Berkedok Kencan Online

Investor Diimbau Waspada, Adrian Zakhary Soroti Penipuan Kripto Berkedok Kencan Online

Investor Diimbau Waspada, Adrian Zakhary Soroti Penipuan Kripto Berkedok Kencan Online

Adrian Zakhary Soroti Penipuan Kripto Berkedok Kencan Online (Foto: Istimewa)


Akhir-akhir ini dunia kripto sedang diramaikan dengan adanya penipuan kripto berkedok kencan online atau yang bisa disebut sebagai pig butchering.

Pig butchering ini juga menjadi perhatian serius dari Komisi Perdagangan Federal (FTC) Amerika Serikat. Lembaga tersebut bahkan mengeluarkan peringatan bagi mereka yang ingin menjalani kencan online tentang modus penipuan kripto berkedok cinta.

Baca Juga: ETF Ethereum Disetujui AS, Adrian Zakhary: Permudah Investasi Kripto

Peringatan ini menyoroti taktik menipu yang digunakan oleh para penipu yang menyamar sebagai pasangan romantis untuk mengeksploitasi korban secara finansial.

Penipuan ini biasanya diawali dengan pelaku yang mengontak korban secara tidak diminta di media sosial. Mereka mempelajari profil calon korban dengan cermat untuk membangun kepercayaan dan hubungan baik. 

Setelah hubungan terbentuk, percakapan akan bergeser ke investasi kripto, dengan pelaku yang mengklaim memprioritaskan keamanan finansial si korban. Pada kenyataannya, satu-satunya tujuan mereka adalah keuntungan finansial pribadi.

Pakar digital, Adrian Zakhary menyoroti kasus maraknya penipuan kripto berkedok kencan online ini. Ia mengimbau kepada para investor krpito untuk berwaspada terhadap penipuan ini.

"Penipuan kripto yang menyamar sebagai kencan online adalah ancaman serius. Investor harus selalu waspada dan menghindari berbagi informasi pribadi atau finansial dengan orang yang baru dikenal di platform online," ungkap Adrian Zakhary.

Founder MAJA Labs itu juga menyarankan kepada para investor kripto untuk memutuskan hubungan dengan orang yang dicurigai sebagai penipu dan melaporkannya ke pihak berwenang.

Baca Juga: Bappebti Bentuk Komite Aset Kripto Indonesia, Guna Pengawasan dan Regulasi Lebih Efektif

"Jika mengalami situasi seperti itu, segera putuskan hubungan dengan orang yang dicurigai sebagai penipu dan melapor ke pihak berwenang jika adanya indikasi penipuan," tambah Adrian.




Penipuan kencan online kriptoKriptoPenipuan kriptoPig butcheringMAJA LabsAdrian Zakhary

Share to: