Adrian Zakhary Bagikan Tips Agar Terhindar dari Phishing NFT

Adrian Zakhary Bagikan Tips Agar Terhindar dari Phishing NFT

Adrian Zakhary Bagikan Tips Agar Terhindar dari Phishing NFT

Adrian Zakhary Bagikan Tips Terhindar dari Phishing NFT (Foto: Istimewa)


Baru-baru ini viral seorang kolektor Non-Fungible Token (NFT) yang terkena phishing di marketplace Blur.

Diketahui kolektor tersebut mengalami kerugian senilai US$240 ribu, atau sekitar Rp3,9 miliar. Adapun kerugian tersebut diakibatkan hilangnya beberapa koleksi NFT miliknya.

Baca Juga: Webtoon Solo Leveling Miliki Platform NFT, Adrian Zakhary Harapkan Munculnya Komunitas Baru

Quit, seorang pengembang Solidity, menjelaskan bahwa penipuan ini dilakukan oleh pelaku yang memanfaatkan celah dalam sistem listing marketplace Blur untuk melakukan penjualan secara private.

Meskipun Blur biasanya melarang listing semacam itu, pelaku berhasil memanipulasi pengaturan royalti NFT dan menghindari persyaratan aksesibilitas yang harusnya terbuka untuk publik.

Founder MAJA Labs, Adrian Zakhary mengingatkan kepada semua kolektor NFT di berbagai marketplace untuk terus waspada dan berhati-hati terhadap phishing NFT. 

Adrian pun membeberkan beberapa tips yang mungkin berguna untuk mengantisipasi menjadi korban phishing, yang pertama adalah melindungi aset pribadi.

"Cara yang pertama adalah dengan melindung aset pribadi, seperti tidak asal klik ke situs yang orang lain berikan, selalu waspada terhadap akun NFT seseorang yang mencurigakan serta terus update perihal berita NFT," beber Adrian Zakhary.

Lebih lanjut, Adrian menjelaskan mengenali beberapa tanda phishing bisa membantu kita agar terhindar menjadi korban selanjutnya.

"Kemudian yang tidak kalah penting adalah mengenali tanda-tanda phishing, seperti mewaspadai tawaran untuk listing NFT dengan harga tinggi atau acara minting dan airdrop gratis," jelas Adrian.

Dan tips yang terakhir adalah selalu gunakan verifikasi ganda terhadap sumber NFT ataupun dompet digital yang digunakan.

Baca Juga: Desa Jepang Bantu Lansia dengan NFT, Adrian Zakhary Ajak Indonesia Terapkan Inovasi Serupa

"Penting bagi para kolektor  NFT untuk selalu melakukan verifikasi ganda terhadap sumber dan keaslian proyek NFT yang mereka beli. Mengambil langkah-langkah pencegahan sederhana dapat mencegah banyak masalah di kemudian hari," pungkasnya.




NFTPhishing NFTTips terhindar dari Phishing NFTMAJA LabsAdrian Zakhary

Share to:



Modal Video 01