SenyuMuseum Gelar Pameran 'Magna Segara': Merayakan Keindahan Kota Pesisir Indonesia

SenyuMuseum Gelar Pameran 'Magna Segara': Merayakan Keindahan Kota Pesisir Indonesia

SenyuMuseum Gelar Pameran 'Magna Segara': Merayakan Keindahan Kota Pesisir Indonesia

SenyuMuseum Gelar Pameran 'Magna Segara' (Foto: Siaran Pers)


SenyuMuseum kembali menghadirkan pameran terbaru mereka. Kali ini, pameran yang hadirkan bertajuk 'Magna Segara'.

Melalui 'Magna Segara', SenyuMuseum mengajak kita semua khususnya penikmat senirupa kontemporer untuk mengapresiasi Kota Pesisir di Indonesia dan sejenak menikmati suasana pantai Indonesia.

Baca Juga: DinatahArtHouse Gelar Pameran 'EVOKE' di Getback Parlour, Bawa Karya 18 Seniman Muda Bali

Pameran kolektif ini diadakan pada 3-18 Agustus 2024 di restoran KAUM, Menteng, Jakarta dan dibuka untuk publik.

Pameran seni ini diikuti oleh 25 seniman kontemporer Indonesia melalui proses opencall dan akhirnya dipilih karya yang dapat memaknai Magna Segara.

Seniman-seniman tersebut antara lain; Robby Mulyantio, Yuranda Khumaira, Idris Brandy, Kembang Sepatu, Heri Susanto, yayat Lesmana, Hikmatyar, Imes Paskalia, Farid Sycumbang, Edi Bonetski, Pondra NS, Erianto, Widiatmoko.

Kemudian ada Precilia Meirisa, Andre “Dolly” Lesmana, Rachma Aulia Jasmine, Okky Ausiawati Theresia Lusiana, Ryan Frenandes, Zara Anastasia Audrey Richlight dan Samitrayasa Design.

Melalui catatan kuratorial, Wilbert Deil selaku Direktur dari SenyuMuseum memaparkan Jakarta memang dikenal sebagai kota global. Namun, seringkali orang lupa bahwa Jakarta adalah kota pesisir yang kaya akan keindahan maritim.

Daerah pesisir ini sering diabaikan dan terus-menerus dieksploitasi tanpa regulasi yang jelas karena pembangunan, kemegahan, dan representasi media yang hanya terfokus pada pusat kota (alias selatan). 

Padahal, Jakarta adalah salah satu kota global dengan ratusan pulau berpasir putih dan terumbu karang yang berharga secara ekologis dan ekonomi untuk pariwisata.

Maka dari itu, pameran 'Magna Segara' hadir untuk menjadi pengingat sekaligus mengajak kita untuk mulai memerhatikan daerah pesisir di Jakarta.

Pameran ini menampilkan lebih dari 25 karya yang dapat menginspirasi dan membangkitkan kembali apresiasi penduduk Jakarta terhadap laut. Beberapa mengadvokasi pelestarian dan restorasi, sementara yang lain menyoroti keindahan laut.

Baca Juga: Rayakan Hari Anak Nasional, ARTJOG Gelar Tur Pameran untuk Anak-anak

Meskipun pendekatannya berbeda, mereka semua memiliki tujuan yang sama, yakni untuk menunjukkan kepada orang-orang keindahan laut di sepanjang pantai Jakarta. Wilbert mengajak kita semua untuk sejenak pergi dan menikmati pantai melalui karya-karya ini.




SenyuMuseumMagna SegaraPameran Magna SegaraPameran seni

Share to:



Modal Video 01