Program Makan Bergizi Gratis Prabowo-Gibran Dikabarkan Siap Meluncur Awal Januari 2025

Program Makan Bergizi Gratis Prabowo-Gibran Dikabarkan Siap Meluncur Awal Januari 2025

Program Makan Bergizi Gratis Prabowo-Gibran Dikabarkan Siap Meluncur Awal Januari 2025

Program Makan Bergizi Gratis Prabowo-Gibran Akan Diluncurkan Tahun 2025 (Foto: Istimewa)


Program makan bergizi gratis yang diusung Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo-Gibran direncanakan akan meluncur pada awal Januari 2025 mendatang.

Informasi ini disampaikan langung oleh Kepala Badan Gizi Nasional, Dadan Hindayana, yang baru saja dilantik Presiden Jokowi pada Senin (19/8). 

Baca Juga: Gibran Rakabuming Bakal Libatkan UMKM dalam Program Makan Bergizi Gratis

Badan Gizi Nasional merupakan lembaga baru yang dibentuk presiden untuk mengawal program prioritas pemerintah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tersebut.

Dadan Hindayana menjelaskan Badan Gizi Nasional memiliki tugas utama untuk mengoordinasikan persiapan pelaksanaan program makan bergizi gratis. Program ini ditargetkan untuk menjangkau berbagai kelompok masyarakat, termasuk anak sekolah, anak santri, ibu hamil, ibu menyusui, dan balita.

"Tugas saya sekarang adalah memastikan segala persiapan terkait prosedur makan bergizi untuk berbagai kelompok sasaran ini berjalan dengan baik. Program ini akan dimulai serentak pada 2 Januari 2025," jelas Dadan.

Badan Gizi Nasional akan mengelola anggaran sebesar Rp71 triliun untuk mendukung keberhasilan program ini. Dadan menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan uji coba (piloting) selama delapan bulan terakhir untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari program ini.

"Hasil dari piloting ini akan diimplementasikan di seluruh Indonesia. Kami akan menetapkan standar gizi, komposisi menu, dan kandungan nutrisi yang harus dipenuhi. Namun, variasi menu akan disesuaikan dengan kearifan lokal di masing-masing daerah," ungkapnya.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Rencanakan Bentuk Badan Pengendalian Perubahan Iklim

Dengan diluncurkannya program ini, pemerintahan Prabowo-Gibran berharap dapat meningkatkan kualitas gizi masyarakat Indonesia, khususnya untuk generasi penerus bangsa. Langkah ini juga menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk mengurangi angka stunting dan meningkatkan kesehatan ibu dan anak di seluruh penjuru negeri.




Prabowo-GibranProgram makan bergizi gratisProgram makan bergizi gratis 2025

Share to:



Modal Video 01