Biodata dan Profil Saifullah Yusuf: Umur, Karir dan Partai, Sekjen PBNU Jadi Mensos

Biodata dan Profil Saifullah Yusuf: Umur, Karir dan Partai, Sekjen PBNU Jadi Mensos

Biodata dan Profil Saifullah Yusuf: Umur, Karir dan Partai, Sekjen PBNU Jadi Mensos

Biodata dan Profil Saifullah Yusuf, Sekjen PBNU Jadi Mensos (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)


Berikut adalah biodata dan juga profil dari Saifullah Yusuf lengkap dengan umur, karir dan partainya, Sekjen PBNU yang jadi Mensos.

Presiden Jokowi telah resmi melantik Saifullah Yusuf untuk menjadi Menteri Sosial (Mensos) yang baru menggantikan Tri Rismaharini.

Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul ini merupakan seorang Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Baca Juga: Presiden Jokowi Lantik Tiga Wakil Menteri Baru: Wamenkeu, Wamentan, dan Wamen Investasi

Seperti apa sosoknya? Yuk simak biodata dan profil dari Saifullah Yusuf yang telah tim Kuyou rangkum.

1. Profil Saifullah Yusuf

Drs. K.H. Saifullah Yusuf, S.I.P atau sering disapa Gus Ipul, lahir 28 Agustus 1964. Umur Saifullah Yusuf saat ini adalah 60 tahun dan menganut agama Islam. 

Saifullah Yusuf merupakan lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Nasional, Jakarta pada tahun 1985. Selain aktif kuliah, ia juga aktif di Organisasi Ekstra Kampus. Sejak tahun 1990 hingga 1992 Saifullah Yusuf dipercaya menjadi Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jakarta.

Di tahun yang sama, ia juga dipercaya menjadi Ketua Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) periode 1990-1995.

2. Karir di NU

Saifullah Yusuf mengawali kariernya melalui organisasi GP Ansor. Ia menjadi ketua umum GP Ansor selama dua periode yaitu 2000-2005 dan dilanjutkan 2005-2010. Sebelumnya juga ia menjadi plh Ketua Umum GP Ansor menggantikan Iqbal Assegaf yang meninggal dunia tahun 1999.

Setelah selesai menjalankan tugasnya sebagai Ketua Umum PP GP Ansor dia terpilih menjadi salah satu Ketua di PBNU di bawah kepemimpinan KH. Said Aqil Siraj.

Kini, Gus Ipul dipercaya untuk mengemban jabatan sebagai Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama masa khidmat 2022-2027.

3. Karir di Politik

Pada Pemilu 1999 ia menjadi anggota DPR dari PDIP. Ia dianggap sebagai lambang aliansi dari Abdurrahman Wahid dan Megawati Soekarnoputri karena Saifullah adalah orang kepercayaan Gus Dur dan ditempatkan di PDIP.

Ketika hubungan Gus Dur-Megawati merenggang maka pada tahun 2001, Saifullah mengundurkan diri dari PDIP dan juga DPR serta bergabung dengan PKB.

Pada muktamar PKB tahun 2002, Saifullah terpilih menjadi Sekretaris Jenderal PKB, itu merupakan hasil yang optimal setelah sebelumnya ia bersaing dengan Alwi Shihab memperebutkan posisi ketua umum.

Ia pernah menjabat sebagai Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal pada Kabinet Indonesia Bersatu dari Oktober 2004 hingga Mei 2007.

Konflik di tubuh PKB yang berakibat dicopotnya Saifullah Yusuf dari jabatan Sekjen PKB berimbas pada jabatan menteri ini. Karena tidak dianggap lagi sebagai representasi PKB lagi maka ia digantikan oleh Lukman Edy yang juga menggantikannnya sebagai Sekjen PKB.

Saifullah Yusuf terpilih sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Soekarwo dalam Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur periode 2009-2014.

Setelah memenangi Pilgub Jatim 2013, Gus Ipul yang kembali mendampingi Soekarwo sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2014-2019.

4. Mensos Baru

Pada 11 September 2024, Gus Ipul dilantik Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Sosial yang baru menggantikan Tri Rismaharini.

Gus Ipul menggantikan posisi Risma yang mundur karena maju pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2024.

Gus Ipul dipercaya untuk mengemban tugas Mensos hingga Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin berakhir pada Oktober 2024 mendatang.

5. Biodata Saifullah Yusuf

Nama lengkap: Saifullah Yusuf
Nama panggung:Gus Ipul
Kota asal:Pasuruan, Jawa Timur
Tanggal lahir:28 Agustus 1964
Umur:60 tahun
Agama:Islam
Profesi:Politikus, Menteri, Sekjen PBNU
Akun Instagram:

@gusipul_id




Saifullah YusufProfil Saifullah YusufBiodata Saifullah YusufUmur Saifullah YusufKarir Saifullah YusufPartai Saifullah YusufSaifullah Yusuf MensosGus IpulMensos baruMenteri Sosial baru

Share to:



Modal Video 01